Notification

×

Iklan

Iklan

PRAMUKA SEBAGAI SALAH SATU PELINDUNG NKRI

Sabtu, 15 Januari 2022 | Sabtu, Januari 15, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-15T09:06:22Z

Karya Azwar Rifa'i

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka

Scouting yang di kenal di Indonesia dikenal dengan istilah Kepramukaan, dikembangkan oleh Lord Baden Powell sebagai cara membina kaum muda di Inggris yang terlibat dalam kekerasan dan tindak kejahatan, beliau menerapkan scouting secara intensif kepada 21 orang pemuda dengan berkemah di pulau Brownsea selama 8 hari pada tahun 1907. Pengalaman keberhasilan Baden Powell sebelum dan sesudah perkemahan di Brownsea ditulis dalam buku yang berjudul “Scouting for Boy”.

Melalui buku “Scouting for Boy” itulah kepanduan berkembang termasuk di Indonesia. Meskipun Gearakan Pramuka keberadaannya ditetapkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 tahun 1961, namun secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada khalayak pada tanggal 14 Agustus 1961  sesaat setelah Presiden Republik Indonesia menganugrahkan Panji Gerakan Pramuka dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961. Sejak itulah maka tanggal 14 Agustus dijadikan sebagai Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka.

Dari sini kita dapat membayangkan bagaimana pramuka sebagai suatu gerakan yang besar dan tergolong gerakan yang telah lama berdiri di Indonesia, kenapa saya menyebutkan bahwasanya pramuka dapat menjadi pelindung bagi NKRI yang sebanding dengan TNI dan POLRI, itu karena anggota pramuka sejak dini sudah di ajarkan cara hidup dengan mandiri, saling tolong menolong, hingga di ajarkan bagaimana cara hidup di alam bebas, bahkan petinggi TNI sendiri menyebutkan, jika seorang anggota pramuka telah dinyatakan lolos semua yang dia pelajari, maka dia dapat memegang senjata dan maju ke depan barisan perang tanpa rasa takut. 


×
Berita Terbaru Update