Notification

×

Iklan

Iklan

Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi

Kamis, 13 Januari 2022 | Kamis, Januari 13, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-13T15:36:08Z

Salwa Nazyra

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKES UHAMKA

Teknologi merupakan hasil perkembangan ilmu pengetahuan yang berlangsung dalam dunia pendidikan. Perkembangan Ilmu pengetahuan terus berjalan dari masa ke masa. Terciptanya teknologi baru yang semakin canggih akan menandai kemajuan zaman juga didukung dengan kemajuan ilmu pengetahuan di era globalisasi. Selama ini, teknologi yang berkembang sudah bersifat digital. Termasuk di Indonesia, dimana teknologi sudah mulai digunakan di segala bidang studi untuk mempermudah pekerjaan, termasuk di bidang pendidikan.

Berbagai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dinikmati oleh umat manusia. Di sisi lain, kemajuan ini juga disertai dengan penderitaan banyak orang, terutama di era globalisasi saat ini. Penggunaan teknologi bukanlah hal baru di era globalisasi. Juga dalam dunia pendidikan, sebagai tempat lahirnya teknologi, sudah sewajarnya pendidikan juga menggunakan teknologi untuk mempermudah pembelajaran.

Walaupun teknologi sudah canggih di era globalisasi sekarang ini dalam mengembangan pendidikan, untuk tantangannya tentu tidak bisa lepas. Beberapa tantangannya yaitu, sebagai berikut :

  1. Kualitas pendidikan, dimana pada era globalisasi telah terjadi pergeseran paradigma keunggulan suatu negara dari keunggulan komparatif menjadi keunggulan kompetitif.

  2. Profesionalisme tenaga pengajar. Salah satu komponen penting dalam kegiatan pendidikan dan dalam proses pembelajaran adalah pendidik atau guru. Karena kedudukan guru tidak dapat sepenuhnya digantikan oleh teknologi canggih dan guru merupakan variabel penting bagi pendidikan.

  3. Budaya atau akulturasi. Perkembangan budaya di zaman modern saat ini tidak dapat dihindari karena pengaruh budaya bangsa lain. Oleh karena itu tantangan pendidikan karena dengan akulturasi akan mudah untuk memperkenalkan pengaruh negatif pada budaya, moral dan moral anak.

  4. Strategi pembelajaran. Era globalisasi saat ini berdampak besar pada model pembelajaran yang memberdayakan siswa. Kebutuhan global telah mengubah paradigma pembelajaran dari paradigma pembelajaran tradisional ke paradigma pembelajaran modern.

  5. Peningkatan manajemen. Hal ini bertujuan untuk semakin memperkuat lembaga pendidikan dan sekolah sebagai unit pelaksana terdepan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

  6. Akses pendidikan. Salah satu kebijakan pemerintah di bidang pendidikan adalah pemberlakuan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun, yang saat ini sudah mendekati wajib belajar 12 tahun.

  7. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena kita semua menyadari bahwa dampak positif kemajuan teknologi selama ini adalah fasilitasi (facilitation).

Berkembangnya teknologi yang semakin canggih tentu diikuti dengan beberapa dampak, baik dampak positif maupun dampak negatif. Terdapat manfaat ekonomis yang signifikan yang bisa didapat dari penggunaan teknologi untuk menyampaikan pembelajaran, yaitu manfaat dari waktu, biaya, logistik serta persoalan kelembagaan lainnya. Salah satu contoh dampak positif dari teknologi pada pendidikan ialah bisa diselenggarakannya pendidikan jarak jauh. Pendidikan jarak jauh mengatasi masalah perbedaan waktu, geografi serta biaya . sehingga siswa yang mempunyai keterbatasan geografi, mirip tempat tinggal yg jauh dari lembaga pendidikan sebagai akibatnya membutuhkan biaya yg besar serta waktu yang lama untuk mendatanginya, tetap mendapatkan pendidikan sebagaimana pendidikan yang dilaksanakan secara reguler.

Pendidik di era globalisasi berarti integrasi Pendidikan Nasional dalam dunia pendidikan. Peserta didik harus dengan keterampilan yang cukup untuk menjadi mahasiswa di era yang sangat global kompetitif. Hal ini untuk mendukung Pendidikan yang ada di Indonesia untuk lebih maju dari sebelumnya dengan adanya teknologi di era globalisasi sekarang ini. Teknologi memang bisa menjadi tantangan dalam pendidikan namun lebih berdampak positif bagi sistem pembelajaran yang digunakan untuk mendukung tercapainya hasil yang diinginkan. 

Penerapan teknologi pendidikan di Indonesia juga merupakan sebagai aat peraga, alat administrasi serta sumber pembelajaran yang lebih luas. Maka, tidak salah untuk mengharuskan menggunakan dan penerapkan penuh teknologi pendidikan yang lebih canggih dari sebelumnya untuk pendidikan di Indonesia. Dibalik itu semua peran pemerintah pun harus diikut serta kan dalam hal tersebut, agar anak-anak generasi muda bisa memingkatkan kualitas pendidikan di Indonesia seiring dengan zaman yang ada. 


×
Berita Terbaru Update