Notification

×

Iklan

Iklan

MARAKNYA HATE SPEECH ATAU UJARAN KEBENCIAN

Kamis, 13 Januari 2022 | Kamis, Januari 13, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-13T15:32:29Z

Robiyatul Hadawiyah

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKES UHAMKA

Apa yang Dimaksud Hate Speech atau Ujaran Kebencian?

Ujaran kebencian atau hate speech merupakan suatu hal yang paling sering di lakukan oleh semua kalangan dari mulai anak - anak, remaja, hingga orang dewasa. Istilah ujaran kebencian dipahami sebagai segala jenis komunikasi dalam bentuk ucapan, tulisan, maupun perilaku yang menyerang atau menggunakan bahasa merendahkan atau diskriminatif.

Sering kali banyak ujaran tentang kebencian tersebar di media baik televisi, instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Ujaran kebenciannya pun antara lain tentang penghinaan terhadap ras tertentu, etnis tertentu, fisik seseorang, finansial seseorang, dan lain sebagainya.

Mengapa Hate Speech Bisa Terjadi?

Dalam ujaran kebencian ini memiliki beberapa penyebab antara lain.

1. Menghina

2. Mendustakan

3. Penistaan

4. Pencemaran nama baik

5. Penyebaran berita kebohongan

 

Ujaran kebencian ini terbentuk dari rasa iri dan dengki kepada seseorang yang membuat seseorang tersebut ingin merendahkan derajat dari orang yang membuat dia dengki.

Bagiamana Dampak dari Hate Speech atau Ujaran Kebencian?

Ujaran kebencian memiliki efek berbahaya bagi banyak orang antara lain dampak psikologis yang berupa emosi negatif dan emosi positif. Emosi negatif tersebut diantaranya merasa marah, tidak nyaman, sedih, tertekan, malu, takut, tidak percaya diri, dan sakit hati.

Dalam. Kehidupan nyata hate speech memiliki banyak sekali dampak negatif yang pernah kita lihat Seperti terjadinya diskriminasi, penghilangan nyawa atau keinginan bunuh diri dari korban, terjadi kekerasan, konflik sosial, mendapatkan rasa malu dari sanksi sosial, kehilangan reputasi baik.

 

×
Berita Terbaru Update