Notification

×

Iklan

Iklan

Kesehatan Mental Di Indonesia

Rabu, 12 Januari 2022 | Rabu, Januari 12, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-12T15:45:41Z

Naura Ghea Isnaen

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FIKES UHAMKA


Mental health atau kesehatan mental merupakan penyakit mental yang meninggalkan dampak yang besar pada seseorang. Gangguan mental ini dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stress dan menimbulkan hasrat untuk menyakiti dirinya sendiri. Ada beberapa jenis gangguan mental antara lain depresi, kecemasan berlebihan, gangguan bipolar, gangguan stres pasca trauma (PTSD), gangguan obsesif kompulsif (OCD), dan psikosis. Penyebab gangguan kesehatan ini bermacam-macam seperti stress yang berkepanjangan atau kekerasan dalam rumah tangga dan trauma dengan suatu kejadian. Gangguan mental ini rentan dialami oleh perempuan.
Di Indonesia sendiri kesehatan mental masih dianggap stigma bagi beberapa orang padahal kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Masih banyak masyarakat diindonesia menganggap gangguan mental adalah hal yang tabu. Orang yang mempunyai gangguan mental adalah orang gila atau orang kerasukan dan bahkan menganggap orang tersebut jauh dari Tuhan. Perlu digaris bawahi gangguan kejiwaan merupakan kondisi medis di otak. Tetapi beberapa bulan belakangan ini Indonesia mulai sadar akan pentingnya kesehatan mental yang terus meningkat, dilihat dari meningkatnya komunitas, kampany, dan obrolan di media sosial bahkan film-film yang di dalamnya membahas tentang kesehatan mental.
Kondisi kesehatan mental di Indonesia saat ini sebenarnya sudah lebih membaik dibandingkan dengan sekitar 5 tahun yang lalu tetapi masih perlu ditingkatkan. Salah satu contohnya dalam lingkungan keluarga. Kebiasaan seorang anak sebagian terbentuk oleh pendidikan keluarga oleh karena itu orang tua harus mengajarkan anaknya hal-hal yang baik. Jangan sampai orang tua tidak memperhatikan sang anak, menghina atau mengolok anak karena hal itu akan membuat sang anak merasa kurang disayangi. Terlalu banyak perintah, larangan, teguran akan membuat anak tidak percaya diri dan merasa rendah diri dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, cara untuk menghindari gangguan mental pada anak yaitu melakukan komunikasi dengan anak dan memperlihatkan hal-hal yang baik. 
Banyak remaja di Indonesia kurang terbuka dengan orang tuanya padahal orang tua merupakan orang yang tau semua tentang kita. Bukan karena sang anak tidak mau tetapi terkadang orang tua yang sibuk atau sensitive yang membuat sang anak enggan atau takut untuk bercerita. Hal inilah yang harus orang tua pahami. Semakin sang anak dewasa maka semakin memicu juga adanya stress yang dapat menganggu kesehatan mentalnya, disinilah peran orang-orang terdekat seperti orang tua yang diharapkan bisa memberi motivasi atau masukan.
Kunci dari kesehatan mental ini adalah komunikasi. Selain itu akses informasi dan ketersediaan masih terbatas di penduduk yang bermukim di kota-kota kecil dan jumlah tenaga kesehatan mental yang masih sedikit diberdayakan.
Mungkin hampir semua masyarakat mulai sadar akan pentingnya kesehatan mental ini tapi itu semua tidak cukup. Masyarakat masih butuh pemahaman yang lebih dalam agar isu tentang kesehatan mental ini lebih bisa di mengerti. Hal inilah yang perlu dikembangkan di Indonesia. Kalau saja pemahaman masyarakat tentang kesehatan mental ini lebih dalam mungkin stigma negative yang tersebar di masyarakat mungkin tidak akan sebesar dan separah itu.


×
Berita Terbaru Update