Notification

×

Iklan

Iklan

Fakta Unik Seputar Kucing

Kamis, 06 Januari 2022 | 1/06/2022 03:12:00 PM WIB | Last Updated 2022-01-07T00:10:00Z


Rizky Septia Putri 

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka 


Kucing adalah hewan peliharaan yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Hal ini dikarenakan hewan yang satu ini sangatlah lucu dan menggemaskan. Bagi sebagian orang, kehadiran kucing bisa mengatasi stress dari permasalahan yang ia miliki. Kucing juga mampu membuat kita merasa bahagia karena kelakuan uniknya.


Salah satu hal unik yang sering dilakukan oleh kucing adalah sering menemani kita untuk tidur bersama, inilah yang membuat kucing semakin terlihat menarik untuk dipelihara. Selain itu, kucing juga memiliki banyak sekali fakta unik yang perlu kita ketahui. Nah, berikut fakta unik seputar kucing.

 

1. Telinga kucing dapat berputar hingga 180 derajat

Menurut penelitian, kucing mampu memutar telinganya hingga 180 derajat. Kemampuan kucing dalam memutar telinganya ini disebabkan oleh adanya 32 jaringan otot yang mengendalikan telinganya tersebut. Karena itu kucing bisa mendengar suara hanya dengan menggerakkan telinganya tanpa harus melihat ke arah sumber suara.


2. Kucing bisa bermimpi di saat tidur 

Tidak hanya manusia saja yang bisa bermimpi ketika tidur, ternyata kucing juga bisa bermimpi di saat ia sedang tidur. Tak jarang juga kucing mengigau akibat dari mimpinya tersebut. Lalu, bisakah kita mengira-ngira apa yang dimimpikan oleh seekor kucing? 


Sebuah penelitian menyatakan posisi tidur pada kucing bisa menggambarkan apa yang sedang ia mimpikan. Jika kucing tidur dengan kepala di angkat, itu menandakan bahwa si kucing sedang melihat benda-benda yang tidak terlihat. Sedangkan ketika kucing melekukkan tubuhnya saat tidur, itu menandakan bahwa si kucing sedang mengintai mangsa dan berkelahi.


3. Kucing dapat merasakan emosi pemiliknya

Penelitian mengungkapkan kucing yang sudah dewasa dapat merasakan emosi yang dialami oleh pemiliknya, misalnya ketika pemiliknya sedang sedih kucing akan berusaha untuk menghampiri dan menghibur pemiliknya, bahkan beberapa kucing akan berperilaku seperti sedang melindungi pemiliknya.


4. Kucing memiliki kemampuan night vision

Penglihatan kucing memang sangat berbeda dengan penglihatan manusia. Penglihatan kucing memang dikhususkan untuk membantunya pada saat berburu di malam hari. Namun apakah benar kucing bisa melihat dalam kondisi gelap gulita? Faktanya kucing tidak bisa melakukannya, mereka masih membutuhkan cahaya walaupun dalam jumlah yang terbatas. 


Sebagai perbandingan, kucing hanya memerlukan sekitar 1/6 jumlah cahaya daripada yang dibutuhkan oleh manusia untuk dapat melihat dengan baik. Nah, kemampuan inilah yang disebut dengan night vision, yaitu kemampuan melihat dengan penerangan cahaya yang terbatas.

 

5. Kucing menghabiskan waktunya untuk tidur 

Kucing memang dikenal sebagai hewan yang suka tidur. Mereka melakukan itu karena mereka ingin menyimpan energinya untuk berburu di malam hari. Rata-rata lama tidur kucing adalah 13 hingga 16 jam dalam sehari. Bahkan ada beberapa kucing yang tidur selama 20 jam dalam sehari. Fakta inilah yang membuat kucing disebut sebagai hewan yang pemalas.

 

6. Kumis kucing merupakan alat navigasi 

Selain mengandalkan night vision, kucing juga mampu mengetahui arah navigasi dari kumisnya pada saat gelap. Kumis juga berfungsi sebagai alat sensorik untuk mengetahui area lingkungan di sekitarnya. Hal ini membuat kucing dapat berburu dan menangkap mangsanya dengan cekatan meskipun dalam keadaan yang cukup gelap dan sempit .


7. Kucing bisa berkeringat

Sebuah penelitian mengungkapkan seekor kucing juga bisa menghasilkan keringat loh. Namun uniknya, kucing hanya bisa mengeluarkan keringatnya melalui cakarnya saja. Saat suhu sedang panas, kita bisa memperhatikan cakar dan telapak kaki kucing yang basah karena keringatnya.

 

8. Kucing mampu melompat 5 kali dari panjang badannya

Kucing bisa melompat cukup tinggi yaitu sekitar 5 kali dari panjang badannya. Hal ini juga dipengaruhi oleh berat badan kucing itu sendiri. Kucing yang terlalu gemuk akan lebih sulit untuk melompat lebih tinggi jika dibandingkan dengan kucing yang bertubuh ramping. Itulah mengapa kita sering melihat kucing bisa melompat ke atas lemari, bahkan di atas atap rumah. 

 

9. Beberapa kucing tidak takut air

Anggapan umum tentang kucing adalah mereka takut terhadap air. Ini karena kucing merasa tidak nyaman saat bulunya basah dan berat. Kucing akan membutuhkan waktu yang lama saat ingin mengeringkan bulunya sendiri. Berbeda halnya saat kita membantu kucing untuk mengeringkan bulunya. 


Namun uniknya, ada beberapa kucing yang suka terhadap air. Bahkan sebagian dari mereka bisa berenang di dalam air dengan lincah. Beberapa ras kucing yang tidak takut air adalah Marine coon, Bengal, Abysinian, Turkish van, dan semua jenis kucing hutan.

 

10. Kucing bisa memakan rumput

Sebagai hewan pemakan daging, kucing juga tak jarang memakan rumput di halaman rumah. Hal ini dilakukan oleh kucing untuk membantu pencernaannya agar pencernaan kucing dapat mencerna makanan yang tak dapat ia cerna, misalnya seperti rambut maupun bulu. 


Dengan memakan rumput, akan membantu kucing untuk meredakan sembelit dan memberikan nutrisi seperti asam folat pada pencernaan kucing. Dan juga, buang air besar pada kucing juga akan teratur dikarenakan oleh memakan rumput.

 

Nah, itulah fakta unik seputar kucing yang dapat kita ketahui, semoga bermanfaat. 

=