Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen dan Mahasiswa FT Uhamka Kenalkan Pemanfaatan Terbarukan Energi Surya

07 Januari 2022 | Jumat, Januari 07, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-07T04:42:01Z

 



 

Serambiupdate.com Matahari merupakan salah satu sumber energi yang tidak ada habisnya. Indonesia adalah salah satu Negara yang berada di garis khatulistiwa merasakan manfaat keberadaannya. Sejak lama pemanfaatan energi matahari dimanfaatkan secara tradisional. Setelah perkembangan teknologi ada, pemanfaatan energi matahari pun semakin berkembang, misalnya solar cell atau sel surya.

 

Dosen Fakultas Teknik Uhamka, Rifky ST MT bersama dengan Dr Dan Mugisidi ST MSi dan Oktarina Heriyani SSi M. laksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di SMP Paramarta Unggulan Tangerang Selatan dengan memberikan pengenalan pemanfaatan energi surya dengan menggunakan sel surya Senin (03/01).


Kegiatan tersebut bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan energi terbarukan dan meminimalkan penggunaan minyak bumi maka dianggap sangat perlu untuk mengenalkan energi terbarukan, seperti energi matahari.

 

Rifky ST MT memaparkan, “Pemanfaatan sel surya sudah banyak dimanfaatkan untuk produk – produk yang mengubah energi matahari menjadi energi listrik, mulai dari produk pencatu daya handphone, kalkulator, produk – produk elektronik, sampai pada mobil bertenaga  surya.”

 

 Kegiatan diikuti oleh siswa kelas 9 SMP Paramata Unggulan yang sangat antusias dalam bertanya lebih dalam akan sel surya. Selain itu, hasil post test pengenalan akan energi surya secra umum meningkat  34% dari hasil pre-test.


Kegiatan ditutup dengan peragaan mengoperasikan sistem sel surya oleh mahasiswa Ferdyan Arif MS dan Thoriq MNZ. Selanjutnya, Siswa juga diberi kesempatan dan bimbingan untuk merakit rangkaian listrik sistem sel surya hingga dapat menyalakan lampu.

 

Guru IPA (Fisika) SMP Paramarta Unggulan menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini, siswa lebih mengenal sel surya dalam pemanfaatan energi matahari karena pada pelajaran IPA baru dikenalkan secara global saja.

 

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat pembaruan dan pemanfaatan sejak dini generasi muda sebagai generasi penerus terutama energi matahari yang diberikan ALLAH.

 

“Mari kita mulai memanfaatkan energi terbarukan untuk menciptakan green energy”, tutur Rifky ST MT


 

 

 

 

=