Notification

×

Iklan

Iklan

Ciptakan Alat Peraga IPA, Prodi Pendidikan Fisika Uhamka Gelar Pelatihan untuk Guru-guru Sekolah Perkebunan Kelapa Sawit Sabah Malaysia

30 Desember 2021 | Kamis, Desember 30, 2021 WIB | Last Updated 2021-12-30T04:57:53Z


Serambiupdate.com
- Dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FKIP Uhamka  bersama LPPM Uhamka melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertema Pembuatan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Benda di Lingkungan Alam Sekitar (Perkebunan) . Kegiatan ini dilangsungkan pada Rabu  (29/12) ,waktu 08.00 – 14.30 WIB, melalui platform Zoom meeting.


Adapun teknik pelatihan nya yaitu dengan terlebih dahulu menjelaskan tentang pelatihan dan menjelaskan tentang cara buat alat peraga IPA sederhana dengan memanfaatkan alam sekitar perkebunan kelapa sawit.

 

Kemudian dilanjutkan teknik cara membuat alat peraga dan hasil nya langsung dipaparkan melalui zoom meeting.

Adapun kegiatan pelatihan ini  dihadiri sebanyak 51 orang guru dari tingkat SD , SMP dan SMA di lingkungan Sekolah Perkebunan Kelapa Sawit Sabah Malaysia. 


Imas Ratna Ermawati selaku ketua mengungkapkan bahwa"Alat peraga dalam pengajaran IPA memegang peranan penting sebagai alat bantu untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dalam kaitannya dengan pengajaran IPA, keberadaan alat peraga jelas mempunyai pengaruh terhadap keberhasilan belajar mengajar. Dengan pelatihan ini dimaksudkan untuk membantu kreativitas guru dalam menciptakan alat peraga sederhana dengan memanfaatkan lingkungan yang ada disekitar kita," ujarnya.


Setelah pelatihan tim pengabdian masyarakat, Pendidikan Fisika Uhamka memberikan angket instrumen pelatihan alat peraga yang hasil nya sebesar 82 % guru di perkebunan Sabah Malaysia sangat puas terhadap pelatihan yang diberikan oleh dosen pendidikan fisika yaitu 

Dr Imas Ratna Ermawati M.Pd, Dr A.Kusdiwelirawan M.MSI dan Sugianto, M.Si serta dibantu oleh mahasiswa Nur'aeni Nanda Sari,Nur Muhamad Farhan serta Muhamad Fahkri.


(ADP) 

=