Notification

×

Iklan

Iklan

Peran Ilmu Manjemen Ditengah Pandemi

Selasa, 16 November 2021 | Selasa, November 16, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-16T03:07:00Z

 



Oleh: Liza Sania Andrayani

 Mahasiswa STIE JIC


Perlu diketahui bahwa manajemen bukan hanya berlaku di meja kantor saja, namun juga diperlukan dalam ranah organisasi, bisnis, Pendidikan, hingga kegiatan sehari-hari. Namun sedikit sekali yang mengetahui peran dari management itu sendiri. Kebanyakan kita menganggap itu hanya ilmu yang berlaku di sebuah perusahaan saja.

Semenjak wabah virus melanda di berbagai negara. dampaknya hampir menyentuh seluruh kalangan manusia. Tanpa memandang status sosialnya.

Manajemen sebagai seni dalam mengatur jalannya sesuatu agar dapat berjalan sesuai rencana, dengan tidak memandang usia, jenis kelamin, hingga jabatan. Perlu perbaikan di stigma masyarakat yang menganggap management hanya dapat dilakukan oleh orang berdasi saja. Kenyataanya setiap individu perlu dan pasti akan menggunakan ilmu management di kehidupan sehari-hari.

Terkhusus pada masa pandemi seperti sekarang ini, dimana pergerakan mulai dibatasi, kondisi Kesehatan semakin memburuk, hingga keuangan yang mulai merosot tajam dengan nihil penghasilan. Lantas dengan kejadian ini seakan memaksa kita untuk mulai mengatur diri sendiri hingga orang lain.

Sulitnya mencari pekerjaan, hingga harus kesulitan memenuhi kebutuhan. Para pekerja yang terancam jabatannya, para buruh yang terancam pemasukannya dan para pengangguran yang semakin bertambah.

Mengatur pemasukan dan pengeluaran keuangan, mulai dari memikirkan apa yang harus dilakukan agar bisa mendapat penghasilan ditengah kesulitan, entah dengan menyebar lamaran pekerjaan, atau mungkin membangun usaha sendiri. Keputusan tadi adalah salah satu contoh bagaimana kita mengatur jalannya keuangan pribadi.

Setelah itu nasib para pelajar yang harus terus menerus menjalankan kewajiban belajarnya secara online. fasilitas yang tidak merata, dari masalah sinyal, sampai keadaan telepon genggam. Sehingga kita sebagai pelajar yang harus bisa me- menejemen diri, agar siap melebihkan waktu luang kita untuk bisa belajar secara mandiri, saat kondisi tadi membuat kita kurang paham akan materi yang disampaikan.

 

Bukan hanya itu, manajemen juga berlaku untuk masalah Kesehatan. Melihat kondisi wabah saat ini yang tak henti  memberikan dampak buruk bagi Kesehatan. Maka kita diharuskan bisa mengatur keadaan tubuh kita, agar bisa tetap sehat dan memiliki imun yang kuat, sehingga bisa bertahan di tengah-tengah penyakit menular yang saat ini tengah berterbangan.

Dengan mematuhi peraturan yang diberikan pemerintah untuk menanggulangi masalah virus ini dengan seksama. Dari mulai memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hingga pembatasan sosial berskala besar.

Itu semua termasuk bagian dari manajemen, karna ada tujuan yang ingin dicapai. sehingga dibutuhkannya partisipasi bersama agar bisa tergapai. Terdapat Langkah-langkah penanggulangan masalah demi masalah, entah itu ranah pribadi maupun skala besar.

 

 

 

×
Berita Terbaru Update