Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Strategi Pemasaran dalam Kondisi Covid-19

Kamis, 18 November 2021 | Kamis, November 18, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-18T03:07:00Z

 


Oleh ; Irmawati

Mahasiswa STIE JIC 

Strategi pemasaran mempunyai peranan penting untuk mencapai keberhasilan suatu usaha, oleh karena itu bidang pemasaran berperan penting dan bekerja lebih keras dalam situasi saat ini supaya bisa mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk. Strategi pemasaran adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan produsen barang atau jasa secara berkesinambungan. Oleh karena itu pentingnya kita mengetahui strategi pemasaran yang tepat ditengah kondisi covid-19.

Pertama, jangan hanya berjualan tetapi tunjukkan dukungan atau kepedulian terhadap pelanggan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengambil tindakan yang berfokus pada kepentingan publik. Misalnya, membagikan fakta-fakta mengenai cara mencegah virus Covid-19 atau memberikan bantuan secara langsung kepada mereka yang terdampak.

Kedua, gunakan topik dan kata kunci untuk penargetan yang tepat. Pastinya pelanggan membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka untuk beberapa minggu kedepan agar melindungi diri dari penularan virus. Kita dapat mengelompokan topik atau kata kunci yang mereka minati dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini bisa memberikan peluang usaha disektor bisnis seperti layanan Kesehatan, medis, makanan dan minuman.

Ketiga, Pemasaran produk melalui aplikasi dan konten online. Dimasa sekarang banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengedit video atau gambar produk secara mudah dan gratis tentunya hal ini bisa membuat pelanggan semakin tertarik terhadap produk yang kita jual, asalkan konten yang kita buat harus tetap relevan dan logis.

Keempat, pastikan keamanan produk diperlihatkan pada saat promosi penjualan. Kita dapat membagikan video kepada pelanggan bagaimana keamanan dan jaminan terhadap produk yang kita jual, tentunya hal ini akan membantu pelanggan semakin percaya bahwa produk kita benar-benar steril.

Kelima, manfaatkan berbagai media online. Kita dapat memberikan informasi tentang estimasi waktu pengiriman, beri alasan kenapa produk sampai lebih lambat dari biasanya dan beri tahu juga kendala yang dialami agar pelanggan dapat percaya terhadap produk yang kita jual melalui website  atau media sosial.

Keenam, targetkan pelanggan setia. Dalam hal ini kita harus semakin berfokus pada pelanggan yang pernah bertransaksi / repeat order. Pelanggan setia pastinya sudah percaya pada produk yang kita jual.

Terakhir, jangan panik dan jangan berhenti promosi. Hindari kepanikan atas pandemi dan berhenti berasumsi bahwa bisnis yang sedang dijalankan akan segera bangkrut karena adanya penurunan penjualan. Pikiran positif adalah salah satu cara yang bisa mepengaruhi penjualan kita semakin meningkat.

×
Berita Terbaru Update