Notification

×

Iklan

Iklan

Dorong Terciptanya Air Bersih, Mahasiswa Itera Buat Wastewater Rescue

Minggu, 14 November 2021 | Minggu, November 14, 2021 WIB | Last Updated 2021-11-14T16:17:14Z

Serambiupdate.com 
Air merupakan kebutuhan pokok hidup manusia. Tanpa air, manusia akan sulit dalam bertahan hidup.  Di beberapa daerah di Indonesia pada saat ini sedang mengalami krisi air bersih sehingga timbul wabah dan penyakit yang merugikan masyarakat.


Namun saat ini Mayandi Daratamia,  Rachma Sekar Utami, dan Nita Arsela yang merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan Institut Teknogi Sumatera (Itera) Lampung berhasil menciptakan sebuah penemuan terkait teknologi wastewater rescue atau pengelolaan air limbah dalam rekayasa berkelanjutan. 


Wastewater rescue adalah sebuah proses penggunaan kembali air buangan yang berasal dari langkah pengolahan limbah sehingga dapat digunakan kembali untuk berbagai kebutuhan.


Mayandi Daratamia mengungkapkan bahwa konsep wastewater rescue ini penting untum diteliti lebih lanjut agar lebih berkembang lagi karena berhubungan dengan ketidakseimbangan antara kebutuhan masyarakat akan air bersih yang tidak sebanding dengan ketersediaan air bersih di Indonesia.


"Pada saat ini yang kita semua tau bahwa ketersediaan air bersih terus menurun setiap saatnya. Bukan hanya dari segi kualitas tapi juga kuantitasnya, " tambahnya dikutip laman Itera, Minggu (14/11).


(DYL)
×
Berita Terbaru Update