Notification

×

Iklan

Iklan

Tujuh Mahasiswa Asal Bangka Belitung Dari Semester 5 FKIP UHAMKA Lakukan PLP 1 di SDN 3 Pangkal Pinang Bangka Belitung

07 Oktober 2021 | Kamis, Oktober 07, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-06T23:09:52Z

Serambiupdate.com Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) lakukan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) di SD Negeri 3 Pangkalpinang. Kegiatan PLP 1 dilaksanakan pada selasa, 28 September 2021 yang langsung mendatangi SD NEGERI 3 Pangkalpinang. Kegiatan PLP 1 ini dibimbing langsung oleh salah satu dosen pembimbing PLP UHAMKA yang bernama Dra. Nelsusmena M.pd. Dengan mahasiswa yang beranggotakan Ervandra Oktarianto sebagai ketua kelompok serta anggota lainnya yang bernama Inesha Audia Putri, Kiki Maulina, Yuniarsih Tutiana, Ina Apriana, Desty Romadiyah, dan Firnanda Saputra. Dikarenakan kondisi sekarang pembelajaran berbasis daring 
dan juga jarak yang lumayan jauh antara dosen pembimbing dan mahasiswanya jadi bimbingannya dilakukan melalui zoom meeting dengan dosen pembimbingnya untuk memudahkan rekan-rekan mahasiswa ini ini dalam melakukan bimbingan terkait bagaimana yang akan mereka lakukan di sekolah atau saat melakukan wawancara nanti. 


PLP 1 merupakan langkah awal yang dilakukan oleh mahasiswa semester 5 untuk melakukan proses pengamatan atau observasi yang dilakukan  dalam mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, bukan hanya itu saja PLP 1 UHAMKA juga mempunyai tujuan yaitu membangun landasan para pendidik atau tenaga kependidikan untuk memperoleh pemahaman atau ketrampilan dari sekolah itu. 


Pada kesempatan ini, rekan-rekan mahasiswa Berkesempatan langsung mewawancarai kepala sekolah SD Negeri 3 pangkal pinang, yaitu ibu Puspa Anggriani S.pd.SD serta 3 guru pamong SD Negeri 3 pangkalpinang. Mereka melontarkan beberapa pertanyaan kepada kepala sekolah dan juga guru pamongnya terkait dengan sekolahnya  kemudian Kepala sekolah SDN 3 Pangkal Pinang ini menjelaskan bahwa terdapat beragam peserta didik yang bersekolah di SD Negeri 3 Pangkalpinang terdiri dari 60 persen siswa pindahan dan 40 persen siswa asli pangkal pinang. Karakteristik yang berbeda-beda membuat siswa SD Negeri 3 pangkal pinang mengenal banyak kultur budaya yang ada.


“Sekolah SD NegerI 3 Pangkalpinang merupakan sekolah yang berakreditasi A serta sekolah ini mendapatkan gelar adiwiyata tingkat nasional. Bukan hanya itu saja siswa siswi yang ada di SD negeri 3 Pangkalpinang memiliki banyak prestasi terutama di bidang non akademik seperti karate dan silat,” ucap Puspa Anggriani, selaku kepala sekolah.


Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SD Negeri 3 Pangkalpinang ini tidak lagi sepenuhnya dilakukan secara daring, mereka sudah melakukan pembelajaran blended dimulai pada bulan agustus 2021 lalu, dimana sebagian menggunakan daring dengan fasilitas Whats app grup dan beberapa aplikasi lainnya  dan juga Pada saat pembelajaran tatap muka SD Negeri 3 Pangkalpinang melakukan pembelajaran tatap muka terbatas dengan 2 sesi, sesi yang pertama hari senin dan sesi yang kedua hari selasa serta tidak lupa juga dengan mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat. Ketika melakukan pembelajaran luring atau offline ini juga waktunya terbatas serta banyak keluh kesah dari guru pamong atau dari sebagian guru yang mengajar terkait dengan kesulitan atau masalah yang mereka hadapi di masa pandemi ini. Guru-guru dan pihak sekolah juga sangat memperhatikan terkait dengan protokol kesehatan karena pastinya mereka juga tidak ingin terkena atau terjangkit dari virus Corona ini sehingga guru-guru dan juga para siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang sekiranya tidak urgensi itu di batas kan. Guru-guru di SDN Negeri 3 Pangkalpinang ini juga sedikit mengeluh terkait dengan pembelajaran yang dilakukan secara daring ini karena tak jarang tugas yang diberikan guru kepada siswanya itu dikerjakan oleh orang tuanya masing-masing atau bahkan kadang ada yang melihat jawaban dari beberapa sumber lain seperti Google dan lain-lainnya. Tapi pembelajaran di masa dari ini tidak menyurutkan semangat dari para guru maupun pihak sekolah untuk tetap menjalankan dan membangun pendidikan lebih baik kedepannya yang diharapkan di SD Negeri 3 Pangkalpinang ini.


Untuk rekan -rekan mahasiswa Uhamka ini berharap dengan adanya kegiatan PLP 1 ini kita dapat mengetahui lingkungan persekolahan sehingga  mahasiswa dapat mengetahui lingkungan sekolah dasar Negeri 3 Pangkal Pinang. Serta juga dapat lebih memahami bagaimana nanti dunia kerja mereka yang akan mereka hadapi kedepannya,dan yang akan menjadi  sebagai pekerjaanpokok mereka kedepannya  dengan adanya kegiatan pengenalan lapangan persekolahan ini juga membantu rekan-rekan mahasiswa untuk terbiasa nantinya dengan sekolah atau dengan siswa yang akan mereka ajarkan serta juga yang paling utama mereka dari sekarang bisa untuk memahami kelebihan dan kekurangan apa saja yang ada di sekolah ataupun yang ada pada siswa yang nantinya akan mereka hadapi  akan mereka atasi  kekurangannya dan lebih mematangkan diri mereka. 

=