Notification

×

Iklan

Iklan

Protokol Kesehatan Selama Beraktivitas Di Masa Pandemi

30 Oktober 2021 | Sabtu, Oktober 30, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-30T02:18:02Z


Rashika Rahma Alia

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka


Jumlah kasus infeksi virus corona di Indonesia semakin meningkat. Jumlah Covid-19 di Indonesia sudah menembus angka 1 juta. Sudah seharusnya kita lebih patuh terhadap protokol kesehatan yang telah ditentukan Pemerintah Indonesia. Protokol kesehatan ini ditujukan untuk mencegah penularan virus dan meminimalisir bertambahnya angka kasus yang ada.


Protokol kesehatan tersebut meliputi rajin mencuci tangan, dilansir dari Centre of Disease Control and Prevention (CDC), penting bagi kita untuk mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik sehari, terutama saat sebelum memasak atau makan, setelah menggunakan kamar mandi, setelah menutup hidung saat batuk atau bersin. Untuk membunuh virus dan kuman-kuman lainnya, gunakan sabun dan air atau pembersih tangan dengan alkohol setidaknya dengan kadar 60 persen. Kemudian wajib memakai masker, berkembangnya virus tersebut membuat WHO akhirnya mengeluarkan himbauan agar semua orang (baik yang sehat atau sakit) agar selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Protokol kesehatan lainnya yang perlu dipatuhi adalah menjaga jarak. Dijelaskan bahwa, menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain untuk menghindari terkena droplets dari orang yang bicara, batuk, atau bersin, serta menghindari kerumunan, keramaian, dan berdesakan.


Namun, kita harus selalu mengingatkan diri sendiri, orang yang ada di sekitar kita, serta orang lain untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar mencegah penularan dan penyebaran virus corona di Indonesia. 


=