Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar bagi Generasi Milenial

18 Oktober 2021 | Senin, Oktober 18, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-18T10:38:38Z



Karya Asshiela Sri Ajeng Aulia

Mahasiswa S1 Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Bahasa merupakan alat kemampuan yang dimiliki oleh setiap manusia yang digunakan untuk berkomunikasi. Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional sebagai pemersatu bangsa yang digunakan untuk berkomunikasi dari berbagai suku yang ada di Indonesia. Bahasa Indonesia sendiri mengandung sebuah  nilai kedudukan yang sangat  penting,  terutama bagi generasi milenial. Dalam sejarah, di sebutkan bahwa bahasa Indonesia lahir pada tanggal 28 Oktober 1928,yang kita kenal dengan sumpah pemuda. Pada saat itu para pemuda berikrar bahwa (1) Bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia, (2) Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia, dan (3) menjunjung bahasa persatuan, bahsa Indonesia. Ikrar yang ketiga merupakan pernyataan tekad dari para pemuda Indonesia bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan. 

Di era globalisasi saat ini banyak generasi milenial yang mengabaikan bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia yang seharusnya kita lestarikan dan pelajari justru disepelekan oleh generasi milenial. Bahkan saat ini bahasa Indonesia sudah dipengaruhi oleh bahasa asing atau bahasa kebarat-baratan. Tidak hanya itu, penggunaan bahasa Indonesia saat ini sudah tidak sesuai dengan EYD dan kaidah-kaidah kebahasaan, yang membuat menurunya rasa nasionalisme khususnya bagi generasi milenial, generasi yang diharapkan mampu membanggakan nama Indonesia. Misalnya dalam pelajaran bahasa Indonesia, para siswa menyibukan dirinya dengan cara mengobrol bersama teman temannya, bahkan hingga tidur di kelas karena menurutnya pelajaran bahasa indonesia membosankan. 

Banyak juga yang menganggap bahasa Indonesia adalah pelajaran yang membuang-buang waktu saja, dan tidak begitu penting karena mereka menganggap mereka sudah bisa berbahasa Indonesia, namun sebenarnya dalam bahasa Indonesia terdapat  kaidah-kaidah kebahasaan yang harus dipelajari dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.  Kita sebagai generasi milenial dan generasi penerus bangsa harus bangga mempelajari bahasa Indonesia untuk memperkaya kata-kata bahasa Indonesia yang kita miliki. Tidak ada ruginya dalam mempelajari bahasa Indonesia, justru dengan kita mempelajari bahasa Indonesia kita akan memperoleh banyak manfaat yang akan membantu kita dalam komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat yang dapat kita peroleh dari mempelajari bahasa Indonesia selain semakin menghargai bahasa Indonesia, yaitu mempermudah dalam komunikasi hal ini membuat komunikasi antar orang yang berbeda suku menjadi lebih mudah, menambah wawasan dan pengetahun seperti tanda baca, puisi, pantun, kalimat, ejaan dan masih banyak yang lainnya.


=