Notification

×

Iklan

Iklan

Pandemi Covid-19; Mahasiswa Uhamka Laksanakan PLP 1 di SDN Lagoa 05

Rabu, 06 Oktober 2021 | 10/06/2021 10:45:00 AM WIB | Last Updated 2021-10-06T03:45:42Z

C:\Users\Emachine\Downloads\WhatsApp Image 2021-10-04 at 11.13.55 (1).jpeg

Serambiupdate.com Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) memiliki peran penting dalam menghasilkan pendidik yang unggul dan berkualitas serta memiliki empat kompetensi pendidik. UHAMKA mengadakan PLP 1 yang mempunyai arti Pengenalan Lapangan Persekolahan dan tujuannya untuk membangun landasan jati diri pendidik. Kegiatan PLP 1 ini diselenggarakan oleh UHAMKA pada tanggal 23 September-04 Oktober 2021.


Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) yang beranggotakan 7 orang dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, telah mengikuti Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) di SDN LAGOA 05, Jakarta Utara. Kegiatan PLP 1 ini dilaksanakan selama pandemik covid-19  melalui langsung datang ke sekolah yang dituju.


Kegiatan PLP 1 yang dilaksanakan pada Jumat, 30/09/2021 melalui langsung datang ke sekolah  ini menggunakan metode wawancara terkait lingkungan sekolah bersama Kepala Sekolah SDN LAGOA 05 dan Guru pamong. Kegiatan ini tentunya dibimbing oleh salah satu Dosen Matematika UHAMKA, yaitu Bapak Wahidin, M.Pd. dengan mahasiswa yang beranggotakan Rifka Raesita Lois, Cindy Cenora, Melina Latiefah, Retno Fadila Pratiwi, Lisa Oktarika, Muhammad Fakhri dan Muhammad Irfan Maulana.


Kegiatan PLP 1 merupakan tahapan pertama yang dilakukan oleh mahasiswa semester 5  untuk memahami terkait proses pengamatan atau observasi dan pemagangan yang dilakukan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan


SDN LAGOA 05 menjadi sasaran dalam kegiatan ini dikarenakan sekolah yang dikenal dengan prestasi Pramuka,lingkungan sekolah yg asri dan ada Alumni dari UHAMKA yang sudah mengajar di sekolah tersebut.


Sekolah yang dijadikan tujuan PLP 1 ialah SDN LAGOA 05 yang berlokasi di Jl. Menteng No.24, RT.1/RW.9, Lagoa, Kecamatan: Koja, Kota Jakarta Utara. Yang mempunyai kepala sekolah bernama Bapak Armain, M.Si 


SDN LAGOA 05 mempunyai jumlah siswa 637 orang, jumlah guru kelas 20 orang, jumlah guru PAI 1 orang, jumlah guru PJOK 1 orang, jumlah staff tata usaha 4 orang, jumlah penjaga sekolah 3 orang dan jumlah security 1 orang.


Pada kesempatan mewawancarai Kepala Sekolah SDN LAGOA 05, Bapak Armain, M.Si menjelaskan bahwa terdapat beragam peserta didik yang bersekolah di SDIT tersebut dengan karakteristik yang berbeda serta kendala pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 yang terjadi di SDN LAGOA 05 terutama kendala jaringan.


Peserta didik SDN LAGOA 05 sangat beragam yang dikembangkan sesuai visi yaitu unggul dalam prestasi, berbudi luhur berdasarkan iman dan taqwa. Dalam mengimplementasikannya, SDN LAGOA 05 melakukan penguatan karakter yang sholeh dan sholehah seperti melakukan pembiasaan tadarus bersama, ibadah sunnah dan wajib,” ucap Bapak Armain, M.Si


Mengenai kegiatan rutin di sekolah, sebelum masa pandemi covid-19. SDN Lagoa 05 biasa melakukan upacara bendera, brefing pagi, dan berdoa bersama sebelum masuk kegiatan kemudian di lakukan sholat duha bersama kemudian membaca surat-surat pendek dengan hari-hari tertentu.


Tidak hanya itu, peraturan tata tertib SDN Lagoa 05 yaitu untuk siswa penggunaan seragam sekolah, jam masuk sekolah dr jam 06.30, untuk keterlambatan harus memberi penjelasan untuk mempertimbangkan bisa di terima atau tidak keterlambatan tersebut, dilarang membawa/memakai perhiasaan, dilarang membawa senjata tajam, dilarang membawa hal-hal yg berbau narkotika, rokok, 15 menit sebelum bel sudah harus di sekolah, mematuhi apa yg di sampaikan oleh bapak ibu guru, wajib mengikuti salah satu ekskul, rambut tidak boleh panjang untuk laki laki, perempuan yg tidak berhijab di wajibkan untuk menguncir.

Untuk guru sama 15 menit sebelum bel harus sudah di sekolah,dan menggunakan pakaian seragam yang sudah ditentukan.Terkait penilaian yang diterapkan di SDN Lagoa 05 selama daring ada 3, yaitu Sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ketiga aspek ini tetep diterapkan selama daring, hanya saja yang menjadi kendala adalah penilaian sikap karena penilaian ini merupakan penilaian pengamatan langsung. Nilai sikap kita ambil dari keaktifan siswa, melalui proses belajar, nilai pengetahuan dan keterampilan di masukan ke nilai tugas sekolah. Keterampilan kita gunakan keaktifan dia yang aktif mengerjakan tugas.

=