Notification

×

Iklan

Iklan

Pada Masa Pandemi Covid-19 Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP UHAMKA Melakukan Kegiatan PLP 1 di SMAN 111 Jakarta Utara

Minggu, 10 Oktober 2021 | 10/10/2021 10:57:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-10T15:57:07Z


Serambiupdate.com Pandemi Covid-19 bukan menjadi halangan untuk tidak produktif, sehingga Mahasiswa FKIP UHAMKA lebih tepatnya dari Program Studi Pendidikan Geografi Semester 5 melakukan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP1) pada salah satu sekolah di Jakarta. Pengenalan Lapangan Persekolah (PLP 1) wajib diikuti oleh Mahasiswa Semester 5 FKIP UHAMKA yang bertujuan agar mahasiswa memiliki pengalaman awal yang dibutuhkan dalam membangun jati diri sebagai calon pendidik. Kegiatan ini dilakukan dengan cara pengamatan/observasi dan wawancara yang dilakukan guna mempelajari berbagai aspek tata kelola pendidikan  dan pembelajaran pada sebuah persekolahan.


Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Program Studi Pendidikan Geografi Semester 5 diberi pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) pada hari Selasa, 14 September 2021. Sebelum melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1), Salah satu kelompok Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP UHAMKA yang beranggotakan 7 orang yang diketuai oleh Dwi Ari Hartomo, dan beranggotakan Yasinta Syahrani, Ika Tiana Putri, Nur Purwati Handayani, Munawatus Sholikha, Aida Fadjriani, serta Faizzati Nadhirah melakukan bimbingan bersama Bapak Drs. Winarno, M.Si., selakuk DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) pada hari Kamis, 24 September 2021.


SMAN 111 Jakarta Utara yang beralamat di Jl. Bandengan Utara No. 80 Penjaringan Jakarta Utara, dipilih sebagai lokasi kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) dengan alasan sekolah tersebut merupakan suatu Lembaga Pendidikan Negeri yang cukup baik, untuk dijadikan kegiatan pengamatan/observasi dan wawancara. Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) di SMAN 111 Jakarta Utara dilaksanakan pada hari Kamis, 30 September 2021 (Wawancara daring bersama Guru Pamong) - Jum’at, 1 Oktober 2021 (Wawancara daring bersama Kepala Sekolah dan Guru, serta kunjungan langsung ke SMAN 111 Jakarta Utara) selama 2 hari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, tidak lupa juga Mahasiswa beserta Kepala Sekolah dan Guru sudah melakukan vaksinisasi.


Kegiatan observasi ini dilakukan dengan mewawancarai Bapak Drs. Rudi Hartono selaku Kepala Sekolah selain itu dibantu juga dengan beberapa Guru yakni Ibu Amrina.  Serta Guru Pamong dalam mata pelajaran Pendidikan Geografi  yakni Bapak Donny Kurniawan, S.Pd. Wawancara yang kelompok kami lakukan ini berkaitan dengan beberapa bentuk kegiatan di sekolah seperti pengamatan kultur sekolah atau karakteristik peserta didik, pengamatan struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, pengamatan peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial-formal, kegiatan rutin, praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif disekolah, serta proses pembelajaran dalam mata pelajaran Geografi.


Karakteristik peserta didik di SMAN 111 Jakarta Utara, "SMAN ini lebih mengarah pada kedispilinan dan karakter siswanya, dari awal berdirinya sman ini belum pernah terlibat dalam tawuran, dalam 10 tahun terakhir sman ini sudah menorehkan banyak prestasi terutama di bidang nonakademik, yang kami sampaikan meskipun dalam akademik lemah tetapi memiliki karakter budi pekerti yang baik harus dimiliki", ujar Ibu Amrina. 

=