Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswi PGSD FKIP UHAMKA Lakukan Kegiatan PLP 1 di SDN Nagasari 01 Bekasi

07 Oktober 2021 | Kamis, Oktober 07, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-07T11:46:07Z


Serambiupdate.com Kegiatan PLP 1 adalah tahapan pertama dalam kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan atau PLP 1 yang merupakan program sarjana Pendidikan yang di laksanakan pada semester 5 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.


Tujuan PLP 1 ini untuk membentuk dan meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui beberapa kegiatan disekolah dalam bidang pengetahuan, keterampilan dan sikap profesional mahasiswa sebagai calon guru dengan pemanfaatan kompetensi akademik Pendidikan disertai kemampuan berpikir.


Kegiatan ini dibimbing oleh salah satu Dosen Pembimbing yaitu Bapak Muhib Rosyidi, MA.Hum Bersama dengan lima mahasiswanya yaitu Riska Risnawati, Imelda Putri Ibrahim, Rahmaa Ayu Erwindah Kusuma, Lulu Luthfia Muthmainnah dan Delima Dora Tumanggor.

Sekolah yang dijadikan tujuan PLP 1 ialah SD Negeri Nagasari 01 Kabupaten Bekasi. SD Negeri Nagasari 01 terletak di Kp. Pasir Kupang RT 003 RW 002 Desa Nagasari Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat. SD Negeri Nagasari 01 merupakan Sekolah Dasar yang berada di wilayah pedesaan yang masih asri. SD Negeri Nagasari 01 merupakan Sekolah Dasar yang berada di Kabupaten Bekasi yang memiliki Akreditasi B.


SD Negeri Nagasari 01 Bekasi yang dipimpin oleh Ibu Titin Hartini, S.Pd.SD selaku Kepala Sekolah di SD Negeri Nagasari 01. Kemudian agenda PLP 1 dilaksanakan pada hari Jumat (24/9) dan Sabtu (25/9) di SD Negeri Nagasari 01 Bekasi. Adapun isi dalam kegiatan ini, yaitu melaksanakan observasi sekolah dan wawancara kepada Kepala Sekolah dan juga guru pamong.


Pada hari Jumat (24/9) kegiatan yang dilakukan adalah wawancara terhadap Kepala Sekolah yaitu Ibu Titin Hartini, S.Pd.SD di SD Negeri Nagasari 01 Bekasi.  Wawancara dilakukan secara langsung di sekolah tersebut dengan menerapkan Protokol Kesehatan. Dalam proses wawancara terhadap kepala sekolah yaitu memberikan pertanyaan terkait karakteristik umum peserta didik, struktur organisasi dan tata kerja sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan – kegiatan ceremony formal di sekolah dan lain sebagainya. Kemudian pada hari Sabtu (25/9) kegiatan yang dilakukan adalah wawancara terhadap guru pamong, untuk guru pamong yaitu memberikan pertanyaan terkait pembelajaran daring yang diterapkan di SD Negeri Nagasari 01 selama pandemic covid 19 ini.


”Kegiatan ceremonial formal di SD Negeri Nagasari 01 diantaranya kegiatan Upacara Bendera setiap hari senin, kegiatan ini dilaksanakan sebelum pandemic covid 19. Walaupun pada saat ini sudah mulai Tatap Muka Terbatas tetapi masih belum bisa dilaksanakan. Kegiatan upacara bendera ini dilaksanakan secara bergilir mulai dari kelas 4, kelas 5 dan kelas 6. Adapun latar belakang ceremonial ini adalah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada siswa dan upacara bendera menjadi salah satu kegiatan penting untuk membentuk karakter siswa serta melatih kedisiplinan siswa. Kemudian ada kegiatan rapat / brifing dengan guru – guru yang dilaksanakan setiap minggu pada hari senin sebelum masuk,” ujar Ibu Titin Hartini S.Pd.SD selaku kepala sekolah di SD Negeri Nagasari 01.


“Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di SD Negeri Nagasari 01, kegiatan yang dilakukan selama pandemic covid 19 ini yaitu : pertama sebelum melakukan pembelajaran ada assessment / evaluasi supaya pembelajaran tetap berjalan guru dapat menggunakan proses belajar mengajar dengan menerapkan proses pembelajaran dengan bantuan aplikasi WhatsApp, atau google Classroom, banyak kendala yang ditemui saat daring terutama kendala jaringan internet, akses perangkat yang tidak memadai, orang tua yang tidak memantau anak Ketika belajar. Cara mengatasi kendala yang ada karena keterbatasan dalam berbagai hal yaitu dengan melakukan kunjungan ke rumah arau home visit upaya untuk mengatasi akses jaringan teknologi yang kurang memadai,” ujar Ibu Nurasiah S.Pd selaku guru kelas 6 di SD Negeri Nagasari 01.


“Selama pandemic khususnya pembelajaran olah raga, pembelajaran dilakukan hampir 90% dilakukan secara daring dan sisanya ada yang masih luring. Karena Sebagian ada yang terkendala perangkat pembelajaran, karena ada siswa yang tidak memiliki HP atau HP nya punya orang tua. Dan yang daring alhamdulillah berjalan dengan lancar,” ujar Bapak Jainul Alam S.Pd selaku guru Mata Pelajaran PJOK di SD Negeri Nagasari 01.


Maka dengan adanya kegiatan PLP 1 ini menjadikan mahasiswa yang ikut terjun langsung dapat melihat sendiri keadaan sekolah SD Negeri Nagasari 01 dengan karakteristik peserta didik, struktur organisasi sekolah serta unsur – unsur yang terdapat di dalamnya. Pihak sekolah juga memberi informasi mengenai pembiasaan positif yang telah diberikan oleh Ibu/Bapak Guru maupun Kepala Sekolah.

=