Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka melakukan Kegiatan PLP 1 di SDN Sumur Batu 08 Jakarta

08 Oktober 2021 | Jumat, Oktober 08, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-08T14:26:31Z

 

C:\Users\Jasmine\Downloads\1633056449530.jpg





Serambiupdate.com Empat ratus dua mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melakukan pengenalan lapangan persekolahan 1 (PLP 1) di berbagai sekolah yang dimulai dari tanggal 23 September sampai dengan 4 Oktober 2021. Pengenalan lapangan persekolahan 1 (PLP 1) harus ditempuh oleh setiap mahasiswa program pendidikan. Mahasiswa FKIP UHAMKA Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mengadakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) di SDN Sumur Batu 08. Kegiatan PLP 1 dilaksanakan pada masa Covid-19, dalam melaksanakan PLP 1 Kepala UPT PLP FKIP UHAMKA berpesan kepada peserta dalam pembinaan dan sosialisasi PLP 1 untuk patuh pada prokes dan tetap menjaga imun dan iman. “Saya ucapkan selamat menjalankan PLP 1. Saya harap, mahasiswa dapat memberikan peran khusus kepada siswa maupun sekolah”, ucap Novanita.

Tujuh mahasiswa PGSD yang tergabung dalam pelaksanaan PLP 1dalam satu kelompok terbatas dalam melaksanakan PLP 1 di SDN Sumur Batu 08 yang berlokasi di Jl. Sumur Batu Raya No. 2 Kel. Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran Kota Administrasi Jakarta Pusat. SDN Sumur Batu 08 menjadi sasaran dalam kegiatan ini karena lokasi SD yang dekat dengan mahasiswa Sumur Batu dan ada Alumni dari SDN Sumur Batu 08 tentu hal tersebut mempermudah jalannya kegiatan PLP 1.

Pengenalan Lingkungan Sekolah 1 atau bisa disebut PLP 1 merupakan kegiatan PLP 1 tahapan pertama dalam pengenalan lapangan persekolahan program sarjana pendidikan yang dilaksanakan pada semester kelima.  Kegiatan ini bersifat observasi dalam pengenalan lingkungan sekolah untuk menambah wawasan tentang proses pembelajaran, untuk membangun landasan jati diri pendidik melalui berbagai bentuk kegiatan di sekolah seperti pengamatan langsung mengenai kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, serta kegiatan-kegiatan yang terdapat di sekolah tersebut. Saat kegiatan berlangsung Mahasiswa PGSD UHAMKA melakukan wawancara terhadap Kepala Sekolah dan Guru Pamong di SDN Sumur Batu 08.

Dalam pelaksanaan wawancara yang dilakukan oleh 7 mahasiswa terhadap Kepala Sekolah dan Guru Pamong terdiri dari beberapa pertanyaan yang diajukan yaitu ;

Pada saat wawancara, kepala sekolah SDN Sumur Batu 08 mengungkapkan kegiatan siswa – siswi pada saat proses during berlangsung “ Seperti di hari biasanya sama, karna pandemik kita melakukan BDR, jadi pembelajarannya di rumah. Guru juga menerima melaksanakan BDR. “ ucap Soepiyan, Kepala sekolah.

Wawancara yang dilakukan oleh Guru Pamong salah satunya dalam penilaian siswa siswi selama pembelajaran daring di masa pandemic COVID-19. “Alhamdulillah, tidak ada kendala saat proses penilian selama during berlangsung, karna kita menggunakan Google Form dan siswa – siswi mengerjakan, kita juga menggunakan tugas seminggu sekali, mereka kerjakan.” ucap Elly Rodzana, Guru di sekolah tersebut.

Dalam pelaksanaan wawancara bersama kepala sekolah dan guru yang telah di wawancarai oleh mahasiswa PGSD FKIP UHAMKA, telah menjawab semua pertanyaan yang di ajukan. Selama proses pembelajaran daring berlangsung pada masa pandemic COVID-19, kepala sekolah dan guru tidak ada kendala dalam pembelajaran during berlangsung, akan tetapi pihak sekolah mulai dari kepala sekolah, guru pamong merindukan kegiatan sekolah dengan tatap muka dan siswa – siswi pun pastinya merindukan proses pembelajaran di sekolah dan bertemu dengan teman-temannya.

            Kegiatan PLP 1 yang sudah di laksanakan oleh mahasiswa PGSD FKIP UHAMKA sudah selesai, banyak pembelajaran yang diambil untuk pembekalan mereka kedepannya. Kami mengetahui proses pembelajaran di SDN Sumur Batu 08 selama during berlangsung. Harapan mahasiswa UHAMKA setelah melaksanakan kegiatan PLP 1 untuk menjadi pendidik yang baik dan bisa mendidik siswa – sisiwi menjadi generasi bangsa yang baik dan patuh akan kewajiban nya sebagai siswa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

=