Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka lakukan PLP1 di SDN Desa Karyamukti

07 Oktober 2021 | Kamis, Oktober 07, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-07T04:39:49Z


Serambiupdate.com
Nova Irawan Putra merupakan mahasiswa PGSD FKIP UHAMKA yang telah melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Perssekolahan (PLP 1)  yang di mulai pada 24 September lalu.


Kegiatan ini berupa observasi pengamatan sekaligus wawancara kepada Kepala Sekolah dan Guru Pamong sebagai narasumber. Kegiatan ini dibimbing oleh salah satu Dosen Pembimbing yaitu Bapak Ahmad Ruslan, M.Pd. bersama dengan enam mahasiswanya yaitu Nova Irawan Putra. Adapun maksud dari kegiatan ini ialah guna untuk meningkatkan sosialisasi dan juga pengenalan ruang lingkup sekolah yang di dalamnya memuat tentang karakteristik murid, guru, maupun sekolah itu sendiri dengan melalui beberapa bentuk kegiatan yaitu, pengamatan langsung terhadap kultur sekolah, struktur organisasi, tata kelola, kegiatan-kegiatan ceremonial-formal dan kegiatan-kegiatan rutinnya, mencari informasi mengenai kedisiplinan, serta mengamati praktik-praktik pembiasaan positif.


Sunami S.Pd sekalu kepala sekolah mengatakan, “Kebetulan kita kerjasama dengan perpustakaan nasional yang mana hadir dengan bentuk perpustakaan keliling. Jadi anak-anak diberikan tugas membaca buku dan membuat syair. Kita juga mengadakan tadarus pada  setiap hari itu sebelum mulai jam belajar kedua kegiatan kita mendengarkan kisah-kisah Nabi diharapkan agar mendapat inspirasi yang baik. Minggu ketiga membaca sholawatan. Minggu keempat mendengar ceramah. Ketika pandemi berlangsung itu tetap dilakukan melalui daring.”


Tidak hanya itu, peserta didik di sekolah ini memiliki prestasi dalam bidang ekstrakurikuler tari dan pantomim.   “Prestasi yang kita capai itu dalam lomba cerdas cermat yaitu kita bisa menampilkan juara ke-2 pantomim tingkat kecamatan dan untuk tari ada juga tetapi hanya sampai tingkat kecamatan saja,” ucap Ibu rena selaku wakil kepala sekolah SDN DESA Karyamukti.


SDN Desa Karyamukti saat ini masih melakukan pembelajaran jarak jauh secara online dengan menggunakan media seperti classroom, whatsapp grup dan satu minggu sekali atau dua minggu sekali mengadakan google meet maupun zoom untuk mengulas materi. Untuk kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas masih dalam proses dan baru akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang dengan ketentuan 50% siswa per kelas. Meskipun proses pembelajaran masih dilakukan jarak jauh  kedisiplinan masih tetap diterapkan.


“Kalok di SD Negeri Karyamukti ini  upaya saya beserta dewan guru untuk menciptakan  hal tersebut  dalam pandeni ini untuk membentuk karakter anak itu saya dengan anak itu bersikap lemah lembut dengan anak terus kemudian  memberikan dorongan anak supaya anak itu berkembang dengan karakternya masing-masing kemudian kita sebagai kepala sekolah dan guru jangan sekali-kali membandingkan anak satu dengan yang lain akhirnya anak itu anak bisa minder dan ada lagi memberikan pujian-pujian  ketika anak itu bisa menyelesaikan tugasnya, bisa bermain dengan kemampuannya dan dll.” Ucap Ibu sunami S.Pd.


Selama proses pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi seperti  terkendala dalam hal kuota internet dan ada beberapa dari peserta didik masih ada yang belum mempunyai ponsel untuk mengakses zoom dan classroom.


Maka dengan adanya kegiatan PLP 1 ini menjadikan mahasiswa yang ikut terjun langsung dapat melihat sendiri keadaan sekolah SDN desa karyamukti dengan karakteristik peserta didik, struktur organisasi sekolah serta unsur-unsur yang terdapat di dalamnya. Pihak sekolah juga memberi informasi mengenai pembiasaan positif yang telah diberlakukan dan juga motivasi-motivasi yang diberikan oleh Ibu/Bapak Guru maupun Kepala Sekolah.

=