Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PGSD FKIP UHAMKA Ikuti PLP 1 di SDN Cakung Timur 05 Pagi Pengembangan Jati Diri menjadi Guru Berpotensi, Profesional, dan Berkarakter

07 Oktober 2021 | Kamis, Oktober 07, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-06T17:50:24Z


Serambiupdate.com Mahasiswa Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka atau UHAMKA mengadakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Tahap 1 di SDN Cakung Timur 05 yang terletak di wilayah kelurahan Cakung Timur., Kecamatan Cakung, tepatnya di Jl. Tambun Rengas Rt 002 / Rw 007. Dengan ibu kepala sekolah yang bernama Ukin M.Pd beserta pamong yaitu Ibu Lilis Suryana Tobin, S.Pd. selaku wali kelas 1 A,  Ibu Endang Kuswatiningsih, S. Pd. selaku wali kelas 1 B,Ibu Cici  Ningyati, S.Pd. selaku wali kelas 4 Dan yang terakhir Ibu Maria Wijiningsih, S.Pd. selaku wali kelas 6 di SDN cakung timur 05 pagi. Yang mana di dalam kelompok tersebut terdiri dari 1 ketua dan 6 anggota. Ketua dalam kelompok ini bernama Nurrika Febriyanti Kusnadi, dan anggotanya bernama Oktavia, Nisa Azkiya, Alfina Fajriyanti, Nida Hanifah, Aulia Rahmawati, Alya Dian nur Alifah. Dan dosen pembimbing kita bernama Pak Devi Anugrah S.Pd, M.Pd.


Sekolah Dasar (SD) Cakung Timur 05 Pagi merupakan salah satu sekolah yang dijadikan sasaran PLP oleh Mahasiswa UHAMKA. Sebagai sekolah yang menjadi sasaran diharapkan pasca program ini, SDN Cakung Timur 05 Pagi lebih aktif dan kreatif. Dengan pendekatan menyeluruh diharapkan lingkungan sekolah menjadi tempat yang nyaman bagi siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Karena dalam pendekatan ini, dimensi kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa mendapatkan ruang partisipasi yang lapang. 


Mahasiswi diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan sekolah.”ingin sekali menggali potensi yang dimiliki anak-anak jadi menggali potensi-potensi yang dimiliki anak –anak, diSalurkan dalam kegiatan ekskul, ekskul ini bisa dilombakan di dalam berbagai jenis lomba sehingga kemampuan anak bisa dieksplor dari lomba - lomba tersebut dan diterapkan” ucap Bu Ukin M.Pd. Masyarakat diluar sekolah memiliki usaha yaitu telur asin yang terlahir Hanya Satu Rasa, dan ibu Ukin M.Pd “ingin sekali anak anak menciptkan berbagai rasa jadi tidak hanya satu rasa saja” ucap Ibu Ukin M.Pd.


Dalam masa pandemi ini guru melaksanakan belajar dengan google meet, grup whatsapp. Dalam pembelajaran ini ada beberapa siswa yang mempunyai kendala seperti sinyal, tidak punya kuota, maka guru memberikan keringanan untuk mengumpulkan tugas selama 2 hari.


Guru mengabsen dengan cara masuk google meet, diawal google meet dan diakhir dalam pembelajaran pun tetep diabsen, jadi jika diawal ada video, dan diakhir tidak ada maka guru akan menegur siswanya, dan kalau siswa memberikan alasan yang masuk akal, maka guru akan memakluminya.


Guru memberi motivasi ke anak agar anak semngat untuk belajar, ada beberapa orang tua yang cuek dengan anaknya, maka guru memberikan solusi kepada orang tua untuk ikut serta dalam pembelajaran.Guru memiiki kesulitan dalam penilaian, karena guru tidak tahu siapa yang memngerjakan tugasnya, bisa saja orang tua murid yang mengerjakannya. Maka guru menilainya  dengan cara dites satu – satu dengan cara presentasi.


Setelah kami melaksanakan kegiatan PLP1 yang dilaksanakan di SDN Cakung Timur 05 Pagi selama kurang lebih 1 minggu, Kami dapat menarik kesimpulkan bahwa dalam proses belajar mengajar cukup baik. Kepala sekolah dan guru berantusias dalam menjalankan tugas masing-masing. Kelengkapan administrasi sekolah yang di atur dengan baik, lingkungan sekolah yang indah dan tertata dengan rapi membuat nyaman kegiatan belajar mengajar.

 

Setelah melaksanakan kegiatan PLP1 ini, kami mendapatkan pengetahuan yang lebih mengenai situasi dan kondisi lingkungan Sekolah Dasar, cara menghadapi berbagai masalah yang terjadi dalam kelas, dan lain sebagainya. Maka dari itu kami berharap semoga hasil dari kegiatan PLP1 ini dapat berguna bagi kami semua ketika berada di lingkungan masyarakat nantinya.

=