Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA Berupaya Membangun Landasan Jati Diri Pendidik melalui Program PLP 1 di SMA Negeri 13 Kota Bekasi

07 Oktober 2021 | Kamis, Oktober 07, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-07T13:14:03Z


Serambiupdate.com Sekelompok mahasiswa yang beranggotakan 5 orang yaitu Annisa, Adis Novi Violina, Kharisma Yosi Noviana, Nabilla Dwi Nuraj, dan Putri Aini. dari UUniversitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Program Studi Pendidikan Biologi Semester 5 melakukan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 atau biasa disebut PLP 1 yang dilaksanakan di SMAN 13 KOTA BEKASI yang beralamat di Jl.Pariwisata Raya Perum Bekasi Baru Utara, Pengasinan, Rawa lumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat yang dilaksanakan tanggal 28 September 2021 lalu.


Kegiatan Pelaksanaan PLP 1 ini dilakukan dalam bentuk Wawancara dengan narasumber yaitu  Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah dan dengan Guru Pamong, sekaligus melakukan Observasi. Kegiatan ini dibimbing oleh ibu Dr. Irdalisa, S.SI., M.Pd. Adapun maksud dari kegiatan ini ialah untuk meningkatkan rasa sosialisasi dan juga pengenalan ruang lingkup sekolah yang di dalamnya memuat tentang karakteristik murid, guru, maupun sekolah itu sendiri dengan melalui  beberapa serangkaian kegiatan yang mendukung karakteristik, yaitu : pengamatan langsung terhadap kultur sekolah, struktur organisasi, tata kelola, kegiatan-kegiatan ceremonial-formal beserta kegiatan rutin positifnya, mencari informasi mengenai kedisiplinan, serta mengamati praktik-praktik pembiasaan positif.


Dikutip dari wawancara dengan  ibu Rini Widijastuti, S.Pd., M.Pd selaku wakil kepala sekolah, Pembentukan karakteristik peserta didik SMAN 13 KOTA BEKASI disesuaikan dengan visi yang telah dibentuk oleh seluruh staff sekolah. Beliau mengatakan “Visi SMAN 13 KOTA BEKASI adalah terwujudnya peserta didik yang beriman dan bertaqwa, berprestasi, kreatif dan inovatif”. Selain itu beliau juga menjelaskan mengenai peraturan dan tata tertib yang mendisiplinkan serta mengatur seluruh kegiatan disekolah. “Peraturan dan tata tertib yang berlaku saat ini dibentuk oleh para guru SMAN 13 KOTA BEKASI sebelum tahun ajaran baru dimulai, serta segala sanksi yang diberikan untuk pelanggar sudah tertulis didalam SOP SMAN 13 KOTA BEKASI ” ucap Bu Rini Widijastuti.SMAN 13 KOTA BEKASI juga memiliki berbagai kegiatan pembelajaran diluar kelas guna meningkatkan kualitas individu peserta didik seperti ekstrakurikuler dan kokulikuler” tutur Rini Widijastuti.


Sementara itu, Ibu Neneng Megawati, S.Pd selaku guru pamong mata pelajaran biologi di SMAN 13 KOTA BEKASI mengatakan “ Meskipun pembelajaran daring serba terbatas dan cukup sulit, guru-guru di SMAN 13 KOTA BEKASI tetap mengusahakan program pembelajaran yang terbaik dan menarik untuk para peserta didik agar tetap bisa menyerap pembelajaran dengan maksimal”. Hal yang sudah dilakukan antara lain memberikan video pembelajaran dan memberikan tugas proyek sederhana dengan bahan-bahan yang mudah di dapatkan agar keterampilan dan rasa ingin tahu peserta didik tetap terasah.


Kegiatan PLP 1 ini mengajarkan mahasiswa untuk dapat terjun langsung kesekolah dalam melaksanakan observasi dan wawancara dengan Narasumber serta mengajarkan mahasiswa untuk saling bekerja sama dalam team work, agar pengetahuan dan keterampilan terus terasah sehingga siap menjadi guru yang profesional. Melalui PLP 1 ini juga menjadi bahan persiapan untuk kegiatan PLP selanjutnya agar menjadi gambaran ketika nanti benar-benar akan mempraktekan pembelajaran secara langsung kepada peserta didik.

=