Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa PBSI UHAMKA Laksanakan PLP 1 di SMAN 1 Banjarharjo Sebagai Proses Menjadi Guru Yang Kompeten

08 Oktober 2021 | Jumat, Oktober 08, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-08T15:00:16Z



Serambiupdate.com Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP UHAMKA yaitu Umi Khomsatun yang dibimbing oleh Ibu Nur Aini Puspitasari M. Pd. Telah melaksanakan PLP 1 atau Pengenalan Lingkungan Persekolahan selama 12 hari (23 September-4 Oktober) di salah satu sekolah negeri yaitu SMAN 1 Banjarharjo yang berada di Jl. Raya Barat NO. 27 Kecamatan Banjarharo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

PLP 1 ini bertujuan untuk mengenal lingkungan sekolah dan menggali potensi diri dari setiap mahasiswa. PLP 1 yang dilaksanakan di SMAN 1 Banjarharjo ini dilakukan secara langsung yaitu dengan mengamati lingkungan sekolah dan melakukan wawancara kepada dua narasumber yaitu Bapak Mugi Sudiono S. Pd selaku wakil kepala sekolah bidang akademik dan Ibu Nok Uci Kurniawati S. Pd selaku guru Bahasa Indonesia. Adapun kegiatan yang dilakukan di sekolah diantaranya mengenai karaksteristik siswa, struktur organisasi, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan seremonial-formal, dan paraktik-praktik pembiasaan positif.


Mugi Sudiono S. Pd. Selaku wakil kepala SMAN 1 Banjarharjo menuturkan “Karakteristik secara umum itu sebenarnya kan bahwa SMA Negeri 1 Banjarharjo ini berada di daerah perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat, sehingga ini sebuah hal yang unik walaupun berada di wilayah provinsi Jawa Tengah tetapi secara etnis atau Suku ini sebagian besar adalah suku Sunda. Sehingga bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Sunda ya ini perlu sebuah usaha yang cukup keras dimana mapel-mapel tertentu seperti bahasa Jawa  mengalami sebuah kesulitan karena memang dari bahasa daerahnya sudah bahasa Sunda” ujarnya.


Sejak awal pandemi pada tahun 2020 ini SMAN 1 Banjarharjo sudah menerapkan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan menggunakan berebagai aplikasi. Hal ini dijelaskan oleh Nok Uci Kurniawati S. Pd. Selaku guru Bahasa Indonesia “SMAN 1 Banjarharjo mengikuti anjuran pemerintah melalui surat edaran yang didedarkan oleh menteri pendidikan nomor 4 tahun 2020, yaitu masa darurat pembelajaran menggunakan pembelajaran daring yaitu dengan melalui google classroom. Jadi hampir selama 20 bulan sejak awal tahun 2020 tepatnya di bulan Februari akhir, SMA Negeri 1 Banjarharjo menggunakan pembelajaran daring yaitu dengan mengikuti classroom” ujarnya.


Kebiasaan dan pembiasaan postif yang ada di SMAN 1 Banjarharjo ini cukup sederhana yaitu salam, tegur, sapa. Bila siswa bertemu dengan guru atau teman, ini biasanya mereka dibiasakan untuk berjabat tangan, itu sebelum masa pandemi agar menjalin keakraban antara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa. Kesopanan siswa di SMA Negeri 1 Banjarharjo sangat luar biasa, bila bertemu dengan guru mereka mencium tangan sebagai bentuk penghormatan untuk menghormati guru mereka.


Setelah kegiatan PLP 1 ini, mahasiswa diharapkan dapat menggali lebih potensi diri dan siap untuk menjadi pengajar yang kompeten serta unggul dalam bidangnya masing-masing.


=