Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa 3 Prodi di FKIP Uhamka Laksanakan Kegiatan PLP 1 di SMAN 75 Jakarta untuk Pengembangan Diri sebagai

Rabu, 06 Oktober 2021 | 10/06/2021 12:50:00 PM WIB | Last Updated 2021-10-06T05:50:46Z


Serambiupdate.com Mahasiswa FKIP UHAMKA yang terdiri dari Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Bimbingan Konseling mengadakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) di SMAN 75 Jakarta. Kegiatan PLP 1 ini dilaksanakan selama masa pandemi Covid- 19 dengan mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.


SMAN 75 Jakarta menjadi sasaran dalam kegiatan ini dikarenakan lokasi yang sesuai dengan domisili kelompok kami dan terdapat Alumni dari UHAMKA yang sudah mengajar di sekolah tersebut, hal ini menunjukan keunggulan kampus UHAMKA dalam menciptakan Alumni yang unggul.


Kegiatan PLP 1 merupakan tahapan yang dilakukan oleh mahasiswa semester 5 yang bertujuan untuk lebih mengenal dan memahami terkait proses pengamatan atau observasi yang dilakukan untuk mempelajari aspek pengenalan lingkungan dan segala informasi yang berkaitan dengan sekolah tersebut.


Pada saat wawancara dengan kepala sekolah SMAN 75 Jakarta. Bapak Sucipto, M.Pd. menjelaskan bahwa “Selama pandemi Covid-19, peserta didik melakukan pembelajaran secara daring dan terdapat beberapa kendala terutama terkait jaringan dan kuota internet. Akan tetapi pada saat ini, SMAN 75 Jakarta mengadakan pembelajaran secara tatap muka dengan kapasitas 50% dan dilakukan selama satu minggu sekali per-angkatan dengan mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19” ucap Bapak Sucipto, M.Pd.


Selama masa pandemi berlangsung, terdapat beberapa perbedaan seperti media pembelajaran yang digunakan, misalnya pada saat sinkronus menggunakan aplikasi zoom meeting dan saat asinkronus menggunakan aplikasi google classroom 


Dan kami menemukan beberapa keunikan yang terdapat di SMAN 75 Jakarta yaitu kegiatan Literasi yang dilakukan sebelum pembelajaran dimulai. Kemudian bapak Sucipto, M.Pd. mengatakan bahwa “Kami juga memantau kehadiran peserta didik ketika daring dengan menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu. Ada timestamp, ada pula share lokasi. Akan tetapi jika menggunakan timestamp itu bisa di reset oleh peserta didik maka kami memilih menggunakan share lokasi dari aplikasi whatsapp. Sebelum memulai pembelajaran, peserta didik di harapkan untuk meng-share lokasi mereka selama 8 jam, nah itu bisa diadopsi dalam rangka untuk mendata peserta didik yang hadir pada hari itu dan ini ada tingkat-tingkatannya juga untuk mengantisipasi." Ucap Bapak Sucipto, M.Pd.


Dengan adanya kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) ini kita dapat mengetahui terkait problematika yang dihadapi oleh sekolah SMAN 75 Jakarta dan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sesuai dengan tujuan dalam kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) yaitu untuk memperkaya pengetahuan, wawasan, dan keahlian khususnya yang terkait dengan kegiatan PLP 1 untuk Program Sarjana Pendidikan, sesuai dengan panduan program PLP KEMENDIKBUD.

=