Notification

×

Iklan

Iklan

Komnas Pendidikan: Guru Lolos P3K, Sekolah Swasta Kelimpungan

18 Oktober 2021 | Senin, Oktober 18, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-18T03:18:50Z


Serambiupdate.com
Maringan Tampubolon Sekjen Komisi Nasional (Komnas) Pendidikan menyampaikan, adanya skema seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) guru membuat sekolah swasta kelimpungan karena kekurangan guru yang andal, profesional, dan matang.

 

Lebih lanjut Maringan menuturkan, hal ini menjadi keluhan  bagi sebagian besar kepala sekolah dan yayasan, karena sebagian guru yang sudah "matang" sebagai guru akan meninggalkan sekolah swasta menjadi guru aparatur sipil negara (ASN) setelah lulus P3K.

 

“Sekolah swasta dengan segala upaya telah membina guru-guru tersebut agar menjadi guru yang layak, guru yang profesional, dan mereka sebagian besar sudah sertifikasi. Tapi apa pemerintah telah merekrut mereka yg sudah "matang" itu menjadi ASN,” kata Maringan saat dihubungi Beritasatu.com, Sabtu (16/10/2021).

 

Ketua Forum Kepala Sekolah Swasta DKI Jakarta ini menyampaikan, bagi guru yang akan diangkat menjadi ASN adalah anugerah, namun bagi sekolah swasta yang selama ini telah menghidupi dan membesarkan mereka adalah sebuah malapetaka karena terjadi kekurangan guru dan harus merekrut guru pengganti mulai dari nol.

 

“Bagi pemerintah, bergabungnya guru-guru yang sudah matang adalah untung besar, tanpa harus melakukan pelatihan dan pembinaan,” ucapnya.

 

Maringan berharap pemerintah lebih bijak atas kebijakannya, harus melihat kesulitan sekolah swasta dan peserta didik yang ditinggalkannya, bak anak ayam yang ditinggalkan sang induk.

 

“Jangan biarkan sekolah swasta mengalami kesulitan oleh karena kebijakannya. Berilah tanggung jawab atau kompensasi yang layak untuk sekolah swasta dan peserta didik yang ditinggalkannya,” katanya.

=