Notification

×

Iklan

Iklan

Kegiatan PLP 1 Mahasiswa BK Uhamka di SMAN 99 Jakarta Timur

11 Oktober 2021 | Senin, Oktober 11, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-11T04:50:17Z


 

 Serambiupdate.com Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka atau UHAMKA melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bertepatan dengan diadakannya kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 atau PLP 1 yang dilakukan oleh mahasiswa semester 5 program studi Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA dengan anggota 4 orang yaitu: Aldony Thoriq, Iswah Azizah, Intan Dwi Retri dan Widya Rizky Ramadhan dan dosen pembimbing Ibu Eka Heriyani M.Pd, Kons. di SMAN 99 JAKARTA TIMUR pada tanggal 23 dan 27 september 2021. Kegiatan PLP 1 ini merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa semester 5 program Sarjana Pendidikan, dalam kegiatan ini kami sebagai calon guru Bimbingan dan Konseling akan mengenal lebih luas mengenai aspek pembelajaran serta pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Selain itu, PLP 1 ini bertujuan untuk menumbuhkan jati diri seorang pendidik. Kami merasa kegiatan PLP 1 ini sangat bermanfaat, kegiatan ini juga dapat kami artikan sebagai wujud persiapan kami untuk turun ke lapangan langsung sebagai seorang pendidik yang berkualitas, mandiri, bertanggung jawab, berkompeten, dan profesional di masa yang akan datang.

Dalam kegiatan PLP 1 tersebut kami berkesempatan mewawancarai bapak Susilo Hartono M.Pd selaku kepala sekolah SMAN 99 Jakarta Timur beliau menuturkan bahwa “Kami sangat senang dan terbuka atas kunjungan mahasiswa UHAMKA ke sekolah kami yang ingin belajar dan mnegetahui bagaimana kultur, program maupun situasi belajar dan pembelajaran, serta harapan kami untuk mahasiswa Bimbingan dan Konseling UHAMKA semoga nantinya akan terus meningkatkan keilmuan Bimbingan dan Konseling agar dapat menjadi calon guru yang kompeten dan profesional di masa yang akan datang”.

Selanjutnya, guru Bimbingan dan Konseling yaitu bapak Iskandar S.Pd juga menuturkan hal yang sama, dari hasil wawancara kami beliau mengatakan bahwa “Kami siap untuk berkolaborasi dengan mahasiswa Bimbingan dan Konseling UHAMKA untuk bekerja sama dalam rangka membuat program layanan Bimbingan Karir serta metode pembelajaran daring yang efektif yang dimana nantinya akan sangat bermanfaat untuk menentukan tujuan karir siswa SMAN 99 Jakarta Timur di masa depan”.

Dilain pihak, Aldony Thoriq selaku ketua kelompok mahasiswa PLP 1 UHAMKA menuturkan bahwa “Kami sangat senang dan merasa terhormat telah diberikan kesempatan untuk berkunjung ke SMAN 99 Jakarta Timur ini, selain menambah pengalaman kami juga mendapatkan banyak informasi serta gambaran tentang bagaimana kami nantinya akan menjadi calon guru Bimbingan dan Konseling yang kompeten dan profesional di masa yang akan datang. Kami berharap semoga dilain kesempatan, kami dapat berkunjung kembali ke SMAN 99 Jakarta Timur ini untuk bersilaturahmi dan berdiskusi bersama lagi”.

.

 

 

=