Notification

×

Iklan

Iklan

Apa itu Self Love?

30 Oktober 2021 | Sabtu, Oktober 30, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-30T02:43:00Z

Fuza Manis Segara

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat FIKES Uhamka


Mencintai orang lain bagi sebagian orang mungkin lebih mudah daripada mencintai diri sendiri. Terkadang, kita sulit untuk menerima kekurangan diri karena merasa insecure atas apa yang orang lain punya. Oleh sebab itu, seringkali kita hanya terfokuskan kepada keinginan untuk mencintai orang lain. sehingga lupa bahwa diri kita sendiri, sama halnya seperti orang lain yang juga butuh untuk dicintai, butuh kasih sayang, dan butuh merasakan kehangatan. Mencintai diri sendiri hal terpenting dalam hidup yang harus kita lakukan. Banyak orang masih belum mengerti arti penting hal ini, kita lebih sibuk dengan membahagiakan orang lain sehingga lupa untuk membahagiakan diri kita sendiri. 

Mencintai diri sendiri adalah perasaan percaya dan bangga atas kemampuan diri. Mencintai diri sendiri artinya menerima segala kekurangan yang ada pada diri kita sendiri. dengan kata lain, kita menerima dirimu apa adanya tanpa merasakan penyesalan atas kehidupanmu yang saat ini.

Untuk bisa mencintai diri sendiri memang bukan hal yang mudah untuk kita lakukan, kita membutuhkan waktu, kesabaran, dan latihan yang sangat panjang. Ada kalanya kita membenci diri sendiri dan ada kalanya juga kita menyayangi diri sendiri. Proses mencintai diri sendiri memang sulit untuk kita lakukan, namun kita bisa melakukan tips yang sederhana ini, agar kita bisa belajar untuk mencintai diri sendiri. Berikut adalah tips atau cara yang bisa kita lakukan : 


  1. Kenali Dirimu Sendiri.

Tidak mungkin rasanya mencintai diri sendiri jika kita bahkan tidak tahu siapa diri kita sendiri. Investasikan waktumu dalam menemukan apa yang kamu yakini, kamu hargai Dan apa yang kamu sukai.

  1. Menyediakan Waktu Untuk Diri Sendiri. 

Walaupun hal ini sulit untuk dilakukan, tapi cobalah meluangkan waktu untuk melakukan hal yang kamu suka meski hanya sebentar, kamu bisa membaca buku, bermain teka-teki silang, mendengarkan musik, atau apapun yang kamu suka di sela kesibukan. Hal ini bisa membantu kamu lebih menghargai dan mencintai diri kamu sendiri sekaligus untuk meredakan stres.

  1. Meluapkan Isi Hati.

Jika anda sedang mengalami sebuah kejadian yang memicu kesedihan, kemarahan, atau kekecewaan, janganlah kamu tahan. Meluapkan isi hati anda bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan emosi yang terpendam di diri kamu, sehingga kamu bisa lebih mencintai diri sendiri.

  1. Berusahalah Untuk Memaafkan Diri Sendiri Untuk Hal-Hal Yang Lebih Besar.

Terkadang kita menyimpan penyesalan atau pelanggaran yang lebih besar kepada diri sendiri atas kegagalan yang kita lakukan.  Memaafkan diri sendiri adalah proses sedikit demi sedikit percaya bahwa kamu benar-benar melakukan yang terbaik yang bisa kamu lakukan. 

  1. Terimalah Bahwa Ada Beberapa Orang Yang Tidak Menyukaimu. 

Benar, beberapa orang tidak menyukaimu dan tidak apa-apa. Jangan buang waktumu untuk mencoba menyenangkan orang yang tidak mungkin menyukai kamu, atau seseorang yang tidak terlalu penting bagimu. Menjadi diri sendiri berarti kamu harus melepaskan cara untuk menyenangkan orang lain dan merangkul dirimu sendiri.


  1. Jujurlah Dengan Dirimu Sendiri.

Hal ini bisa jadi lebih sulit dari yang terlihat. Beberapa dari kita begitu pandai menipu diri, sehingga kita bahkan tidak tahu bahwa kita sedang melakukannya. Kejujuran adalah kunci dalam semua hubungan dan hubunganmu dengan diri sendiri tidak berbeda. Jelas kamu tidak bisa mencintai seluruh dirimu yang berantakan jika kamu berbohong, merendahkan atau membuat alasan. Cintai diri sendiri berarti mengambil tanggung jawab dan akuntabilitas.


=