Notification

×

Iklan

Iklan

Sistem Informasi Pelayanan Desa Buatan Mahasiswa dan Dosen UBSI Tegal Bantu Pembangunan Warga Desa

Kamis, 09 September 2021 | Kamis, September 09, 2021 WIB | Last Updated 2021-09-09T04:54:53Z

Serambiupdate.com Dosen dan Mahasiswa prodi Sistem Informasi (SI) dari Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) kampus Tegal berhasil menciptakan aplikasi dengan nama Sipede (Sistem Informasi Pelayanan Desa).

 

Aplikasi hasil kerja sama antara dosen dan mahasiswa ini, telah dihibahkan pada kegiatan serah terima dan sosialisasi di Balai Desa Bedug, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Sabtu (4/9) lalu.

 

Hibah aplikasi ini menjadi salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat dari Universitas BSI kampus Tegal.

 

Prosesi serah terima dan sosialisasi ini turut dihadiri tim pengabdian masyarakat hibah aplikasi, yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Universitas BSI.

 

Diantaranya Husni Faqih selaku ketua prodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Tegal sekaligus ketua tim, serta anggotanya yaitu Rousyati, Suleman, Tri Wahyudi, Khikmatul Umroh, Nahdalia Agustina, Ika Hani Hidayati, dan Septi Anna Sholikhah.

 

Aplikasi ini diserahkan oleh Husni kepada Kepala Desa Bedug, Agung Wiradi Saputra.

 

Lalu dilanjutkan dengan sosialisasi 'SIPEDE' kepada Kepala Desa dan Perangkat Desa Bedug, dengan menjelaskan cara penggunaan masing-masing menu di 'SIPEDE'.

 

Husni, merasa sangat bangga karena mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan desa. Sebab awalnya 'SIPEDE' merupakan proyek dari Tugas Akhir mereka.

 

Kedepannya, 'SIPEDE' ini diharapkan dapat menjadi penghubung masyarakat desa Bedug dan Pemerintah Desa (Pemdes) Bedug dalam hal pelayanan untuk pengajuan-pengajuan surat serta informasi-informasi dari Pemdes (Pemerintah Desa) untuk warganya.

 

Husni menyampaikan, bahwa proyek dari Tugas Akhir di Universitas BSI, khususnya prodi Sistem Informasi memang dibuat dengan asas manfaat. Dimana setiap proyek yang dibuat, dapat dimanfaatkan secara riil oleh masyarakat. 'SIPEDE' ini akhirnya disempurnakan bersama para dosen, agar memberikan hasil yang lebih baik dan tepat guna.

 

Sementara itu, Suleman selaku dosen pembimbing Tugas Akhir dari proyek ini mengungkapkan, bahwa 'SIPEDE' dirancang sebagai upaya untuk menilai efesiensi kerja dari perangkat desa tersebut.

×
Berita Terbaru Update