Notification

×

Iklan

Iklan

Pesan Dekan FKIP Uhamka: MBKM sebagai Ruang Nyata Mahasiswa dalam Membentuk Karakter Intelektual dan Berdimensi Sosial

Jumat, 24 September 2021 | Jumat, September 24, 2021 WIB | Last Updated 2021-09-24T09:48:54Z

 


 

Serambiupdate.com Dalam rangka melaksanakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),FKIP Uhamka selenggarakan kegiatan Pelepasan Mahasiswa Peserta Program MBKM Tahun Akademik 2021/2022 melalui ruang virtual Jumat (24/09). Bentuk program kegiatan MBKM mencakup asistensi mengajar, pertukaran mahasiswa, magang, kewirausahaan, KKN tematik, proyek kemanusiaan, dan penelitian.

 

Kegiatan pelepasasan mahasiswa program MBKM FKIP Uhamka diikuti oleh 12 prodi, yakni prodi PGSD, Pendidikan Ekonomi, PG PAUD, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Jepang, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Fisika. Sebanyak 130 peserta mahasiswa laki-laki dan perempuan dari prodi tersebut mendapatkan pengarahan dari Desvian Bandarsyah selaku Dekan FKIP Uhamka.

 

Desvian memaparkan, “MBKM sebagai sebuah gagasan bahwa perguruan tinggi perlu lebih mengenal masyarakat, mendalami proses kehidupan yang berlangsung ditengah bangsa, masyarakat dan negara serta dunia sehingga lulusan mahasiswa perguruan tinggi khususnya Uhamka dapat dengan lebih baik dan cepat beradaptasi dalam kehidupan yang semakin kompleks, kompetitif dan semakin menuntut kesiapan yang lebih tinggi lagi.”

 

“Kami berharap program ini dapat memberikan bekal yang maksimal bagi para lulusan FKIP Uhamka yang nanti akan menjadi bagian dari pendidikan nasional di masa depan. Tentunya upaya bersama kita yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi kemudian kita implementasikan dalam kerja-kerja kita bersama itu dapat memberikan penguatan, skills (keterampilan) baik yang  bersifat hardskills dan softskills bagi calon guru FKIP Uhamkan yang akan melakukan proses pengabdian di masa depan,” ungkapnya.

 

Desvian pun berpesan kepada mahasiswa, “Proyek ini memberikan ruang bagi saudara sekalian untuk dapat menjadi bagian dari kehidupan secara nyata. Saya kira tiga semester diberbagai tempat nanti itu akan membentuk karakter saudara sekalian selain sebagai intelektual, ulilalbab, tetapi juga sebagai makhluk Allah yang memiliki dimensi sosial yang terasa dengan baik. Kita berharap demikian.”

 

“Fkip Uhamka  menjadi salah satu pihak yang menaruh harapan dan memiliki optimisme bahwa lulusan LPTK di Indonesia terutama FKIP setidak-tidaknya memberi jawaban bagi kebutuhan guru dimasa depan yang lebih baik. Fkip sebagai perguruan tinggi Muhammadiyah memiliki komitmen yang kuat melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

 

Desvian pun ucapkan terima kasih kepada mitra FKIP Uhamka yang terdiri dari lembaga pendidikan dan lembaga swasta serta perorangan atas kesediannya bekerja sama, “Kami ucapkan terima kasih kepada bapak ibu yang berkenan hadir untuk bersama-sama dengan kami mengakselerasikan perkembangan, kematangan dan keberhasilan calon guru di Uhamka bagi kepentingan Indonesia yang lebih baik lagi.”

 

Dedi Purwanto selaku owner Madu Ondengku dan mentor bisnis nasional menyampaikan ucapan terima kasih dan dukungan penuh terhadap kemajuan FKIP Uhamka   “Terima kasih yang telah mengundang saya pada program MBKM kewirausahaan prodi Biologi. Saya siap membimbing dan membersamai mahasiswa prodi Pendidikan Biologi selama 6 bulan,” tuturnya.

 

“ Saya sangat senang diundang bekerja sama pada program ini. Saya alumni Uhamka prodi Biologi Angkatan 2009. Saya sangat dekat dengan uhamka. Saya mau Uhamka lebih maju dari sebelumnya, saya siap bekerjasama dengan Uhamka,” jelasnya.

×
Berita Terbaru Update