Notification

×

Iklan

Iklan

Pentingnya Mencintai Diri Sendiri ( Self Love )

30 September 2021 | Kamis, September 30, 2021 WIB | Last Updated 2021-09-30T11:37:50Z



Karya Alifia Savira

Mahasiswa S1 Bahasa Inggris FKIP Uhamka

Semua manusia di dunia ini perlu tau bahwa diri mereka itu spesial. Mereka perlu tau dan sadar bahwa mereka pantas untuk dicintai bukan hanya dengan orang-orang disekitar mereka melainkan diri mereka sendiri. Kebanyakan orang sering lupa untuk mencintai diri mereka sendiri karena terlalu sibuk mencintai orang lain. Padahal tidak ada yang lebih penting di dunia ini kecuali diri sendiri. Manusia sering melakukan hal yang melelahkan hanya untuk memenuhi ekspektasi orang lain sampai-sampai mereka tidak sadar bahwa mereka terlalu memaksa diri mereka sendiri. Mereka kerap abai dengan diri mereka sendiri entah itu kesehatan, kebahagaian, ataupun kenyamanan.

Mencintai diri sendiri itu berarti mengharga diri, bukan berarti narsis ataupun egois. Mencintai diri sendiri adalah ketika kita peduli dengan kepentingan diri kita sendiri, menghargai diri kita sendiri, menerima segala kekurangan di dalam diri kita sendiri. Karena hanya diri kitalah yang memahami diri sendiri. Tidak semua orang bisa paham, tidak semua orang bisa mengerti, dan tidak semua orang bisa menerima dirimu kalau bukan kamu. Kita memang tidak perlu meminta semua orang untuk memahami kita dan tidak perlu meminta semua orang untuk mengerti kita. Dengan begitu kita tidak perlu usaha keras untuk dipahami dan tidak perlu memaksa diri untuk diterima orang lain. 

Sebenarnya banyak sekali cara untuk mencintai diri sendiri namun ada beberapa cara dasar yang perlu kamu lakukan untuk mencintai dirimu sendiri. Pertama, mulailah dengan mengenali diri sendiri. Mengenali, apa tujuanmu, apa kemauanmu, apa yang menjadi kebahagianmu, apa yang kamu sukai dan tidak sukai. Lalu setelah itu makanlah makanan yang sehat dan cukup sehingga dirimu memiliki energi yang cukup. Jangan pernah mengikuti kata orang lain kalau itu memang bukan kenginanmu, ketahuilah bahwa tidak apa-apa untuk berkata “tidak” kepada orang lain. Terimalah kesalahan dan ketidaksempurnaan diri sendiri. Kesalahan adalah suatu hal yang lumrah dan yang kamu harus lakukan bukanlah membenci dirimu akan tetapi belajar untuk dirimu sendiri agar kelak menjadi manusia yang lebih baik dan ketidaksempurnaan adalah hal yang membuat kamu menjadi dirimu.

Jangan terlalu keras terhadap diri sendiri. Banyak manusia yang mungkin lebih keras terhadap diri mereka sendiri dibandingkan dengan orang lain. Parahnya manusia sering merasa kurang padahal yang dilakukan sudah berlebihan. Yang penting yang harus diketahui adalah bahwa apapun yang orang bicarakan tentang dirimu itu belum tentu harus menjadi sebuah patokan. Sebab, manusia tidak hanya dinilai dari apa yang orang bicarakan tentang dia akan tetapi seberapa jauh mereka mampu menghargai diri mereka sendiri. Ketika kamu mampu mencintai diri sendiri, kelak kamu akan berada di titik nyaman, titik yang bisa bikin kamu bangga akan dirimu sendiri, Titik di mana kamu bisa bangkit dari sebuah kegagalan. Manusia yang bisa menghargai diri mereka sendiri sudah pasti manusia yang akan menghargai orang lain. Manusia yang mencintai diri mereka sendiri sudah pasti manusia yang mampu mencintai orang lain.


=