Notification

×

Iklan

Iklan

Pendidikan adalah Segalanya

Rabu, 08 September 2021 | Rabu, September 08, 2021 WIB | Last Updated 2021-09-15T13:58:21Z



Karya Ilham Akbar Maulana

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Pendidikan bagi sebagian orang sangatlah dibutuhkan, kenapa ? Karena, didalamnya banyak mengandung yang bermakna, tujuan, harapan dan cita-cita. Mahasiswa ialah termasuk salah satu pemegang ujung tonggak dalam keberhasilan suatu pendidikan. Dengan berkiblat kepada tokoh pendidikan kita yaitu Ki Hajar Dewantara, dengan mottonya yang selalu menjadi motivasi dan panutan bagi dunia pendidikan di Indonesia. “Ing Ngarso Sungtulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani”. Semboyan tersebut mampu membawa rakyat Indonesia terbebas dari belenggu kebodohan.

Dizaman sekarang ini, Pendidikan abad 4.0 diera digital, seorang mahasiswa seharusnya melek teknologi dalam belajar atau menuntut ilmu pengetahuan berbasis pembelajaran melalui media. Mengikuti seminar atau workshop yang berhubungan dengan media pembelajaran digital harus menjadi modal dasar dalam mengembangkan diri dan bertanggung jawab atas moral terhadap kelangsungan hidup dunia pendidikan di Indonesia. Mahasiswa seharusnya bersedia mengikutinya, baik yang berbayar, apalagi free. Semangat dan keinginan Mahasiswa untuk selalu update dalam dunia informasi dan harus dipupuk atas kesadaran sendiri, agar segala rencana berjalan lancar tanpa hambatan apapun.

Nah, dengan pembelajaran melalui aplikasi digital bukan hanya materi dalam bentuk tulisan yang dapat ditampilkan dalam, saat Kegiatan Belajar pun bisa menampilkan dalam bentuk visual atau pun via zoom.

Dengan demikian ilmu dalam dunia pendidikan bisa mengubah segalanya. Karena didalamnya terdapat segudang ilmu yang siap mengubah kita menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Misal dalam mencapai cita-cita. Seseorang takkan mampu meraih cita-cita tanpa ilmu yang berkompeten dibidangnya. Ilmu didapat dari proses pembelajaran. Pembelajaran didapat dan diperoleh dari mengikuti kegiatan belajar di kampus maupun di rumah. Semuanya terbungkus dan terbingkai dalam satu pigura cantik “Pendidikan”.

Dengan pendidikan akan mengubah karakter bangsa, menciptakan akhlak mulia, memiliki integritas tinggi demi Indonesia. Hardiknas merupakan momen inspirasi untuk meningkatkan motivasi dalam menciptakan dunia pendidikan yang sejati.


×
Berita Terbaru Update