Notification

×

Iklan

Iklan

Mengatasi Rasa Gugup saat Presentasi

Rabu, 22 September 2021 | Rabu, September 22, 2021 WIB | Last Updated 2021-09-22T10:19:35Z



Karya Tiara Kusuma Dewi

Mahasiswa S1 Pendidikan B.Indonesia FKIP Uhamka

Presentasi adalah suatu kegiatan dimana pembicara atau speaker menyampaikan suatu informasi berbentuk laporan lisan kepada pendengar atau audience. Kegiatan ini sering dilaksanakan baik disekolah, kantor, perusahaan, dan lain sebagainya. Bagi beberapa orang, presentasi merupakan hal yang menakutkan. Hal tersebut dikarenakan kegugupan yang melanda. Gugup adalah suatu hal yang normal yang dialami tiap individu. Bahkan pembicara profesional pun juga pernah dilanda gugup. Untuk mengatasi kegugupan tersebut, pembicara atau speaker harus mempersiapkan diri sebelum presentasi dengan beberapa hal. 


Yang pertama, sebelum melaksanakan presentasi kita haruslah mempersiapkan materinya terlebih dahulu. Persiapan yang matang akan mendukung jalannya presentasi yang lebih baik. Kuasai materi sebaik mungkin agar saat presentasi kita sudah paham betul dan mengenal materi yang akan kita sampaikan. Kedua, mengenali audience sebelum presentasi. Hal ini bertujuan agar saat menyusun materi presentasi, kita juga mempertimbangkan pemilihan kata, informasi ataupun motivasi yang akan disampaikan untuk audience dengan tepat. Ketiga, banyak berlatih juga merupakan salah satu persiapan yang penting dalam mempersiapkan diri sebelum presentasi. Apa yang perlu dikatakan dan juga tidak, nada, dan intonasi harus dilatih. Dan yang terakhir, saat presentasi lakukanlah duduk dengan high power poses. Duduk dengan cara ini terbukti menurunkan kegugupan. Higj power poses adalah duduk dengan cara menempelkan punggung dengan sandaran kursi dan tangan agak dibuka. Jika berdiri, berdirilah dengan tegak dan percaya diri. Teknik ini mampu meningkatkan testosteron sebanyak 20% dan penurunan kortisol atau hormon stress sekitar 25%. 


Hal-hal tersebut dapat dilakukan saat hendak melakukan presentasi. Dengan begitu rasa gugup akan menurun dan kepercayaan diri akan meningkat.



×
Berita Terbaru Update