Notification

×

Iklan

Iklan

Gelar ANBK, PTM di DKI Jakarta ditunda Sementara

Rabu, 29 September 2021 | Rabu, September 29, 2021 WIB | Last Updated 2021-09-29T04:23:17Z

Serambiupdate.com Pendidikan SMA di DKI Jakarta akan melaksanakan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kegiatan ini terselenggara dalam dua gelombang sehingga kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) harus ditunda sementara.

 

Pemerintah provinsi DKI Jakarta menghentikan sementara kegiatan PTM mulai 27-30 September 2021. Kebijakan pemberhentian PTM ini diberlakukan kepada seluruh jenjang sekolah. Pada pekan pertama ini, pelaksanaan ANBK berlangsung untuk jenjang SMA.

 

Reporter Metro TV Putri Lukman dalam tayangan Metro Hari Ini, Selasa, 28 September 2021 menyampaikan “Meski untuk ANBK pekan pertama dilaksanakan bagi jenjang SMA, penghentian sementara PTM berlaku untuk seluruh jenjang sekolah baik PAUD, SD, SMP, SMA, dan SMK.”

 

Pelaksanaan ANBK akan berlangsung hingga dua pekan kedepan.  Jadwal pekan depan untuk jenjang SMP dan pekan berikutnya untuk jenjang SD.

 

Sementara itu, pelaksanaan PTM akan dimulai pada 1 Oktober 2021 dengan melibatkan 1.509 sekolah di DKI Jakarta. Sekolah yang belum melaksanakan kegiatan ANBK tetap melaksanakan belajar-mengajar secara daring.

 

“Bagi sekolah yang tidak atau belum melaksanakan proses ANBK tetap akan melaksanakan belajar mengajar yakni yang akan diikuti oleh para siswa secara daring atau dari rumah,” lanjut Putri Lukman.

 

Wakil Humas SMAN 65 Jakarta, Gunawan menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan PTM terbatas dinilai memberikan dampak yang cukup efektif dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Pihaknya menetapkan persyaratan cukup ketat seperti, siswa wajib vaksin dosis penuh dan harus menyertakan izin dari orang tua.

 

“Seandainya mereka sudah vaksin dua kali tetapi orang tuanya tidak mengizinkan, tetap kami tidak mengizinkan mereka ikut PTM,” kata Gunawan.

 

Tidak hanya itu, pihaknya juga telah memastikan prokes menjadi acuan yang diterapkan oleh seluruh pihak yang terlibat dalam PTM terbatas ini. Pihak sekolah telah menyiapkan infrastruktur yang memadai, kurikulum yang tepat, dan memastikan seluruh pihak menerapkan prokes dengan disiplin.

×
Berita Terbaru Update