Notification

×

Iklan

Iklan

50 SMK dan SMA di Yogyakarta Sudah Mulai Pembelajaran Tatap Muka Pekan Depan

Rabu, 15 September 2021 | Rabu, September 15, 2021 WIB | Last Updated 2021-09-15T07:33:04Z

Serambiupdate.com Sekitar 50 SMA dan SMK di DIY sudah siap untuk menggelar uji coba pembelajaan tatap muka (PTM) pada pekan depan.

 

Didik Wardaya, Kepala DinasPendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY menyampaikan siswa di 50 sekolah tersebut sudah menjalani vaksinasi 80% dan menyiapkan sarana dan prasarana pendukung protokol kesehatan secara lengkap.

 

Didik mengatakan, sebenarnya sudah ada 177 sekolah dari total 390 SMA dan SMK di DIY yang siswanya sudah menjalani vaksinasi mencapai 80% untuk dosis pertama. Tetapi ada juga beberapa sekolah yang siswanya sudah menjalani vaksinasi dosis kedua. Namun, Pemda DIY juga melihat kesiapan protokol kesehatan di masing-masing sekolah.

 

“Sekarang kalau kami hitung sudah ada 50-an [sekolah yang pekan depan sudah bisa uji coba PTM],” kata Didik, di Kompleks Kepatihan, Selasa (14/9/2021).

 

Menurut Didik, selain SMA dan SMK serta SLB, pelajar tingkat SMP juga telah menjalani vaksinasi di masing-masing kabupaten dan kota. Didik berharap uji coba percontohan pembelajaran tatap muka  diawali dari pelajar tingkat SMA dan SMK terlebih dahulu.

 

Selain vaksinasi yang menjadi syarat utama sekolah menggelar PTM seperti yang disampaikan oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X, ada syarat lain yang disampaikan oleh Disdikpora DIY.  Disdikpora DIY juga mensyaratkan ada izin orang tua seperti yang disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim.

 

Oleh sebab itu, jawatannya membuka dua model pembelajaran yakni pembelajaran tatap muka bagi sekolah yang sudah siap dan mendapatkan izin orang tua dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi siswa yang belum mendapatkan izin orang tua, “Bagaimanapun keamanan siswa penting dan tentunya izin orang tua. Sekolah buat surat edaran terkait izin orang tua. Tatap muka tidak menghilangkan PJJ,” ujar Didik.

×
Berita Terbaru Update