Notification

×

Iklan

Iklan

Bullying Merugikan Korban

Senin, 02 Agustus 2021 | Senin, Agustus 02, 2021 WIB | Last Updated 2021-08-03T02:39:10Z

Karya Camelia Lestari

Mahasiswa D3 Perpajakan FEB Uhamka

Perundungan atau bullying adalah perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal, fisik, ataupun sosial di dunia nyata maupun dunia maya. Perundungan juga membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati dan tertekan baik dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok. tindakan mengintimidasi dan memaksa seorang individu atau kelompok yang lebih lemah untuk melakukan sesuatu di luar kehendak mereka, dengan maksud untuk membahayakan fisik, mental atau emosional melalui pelecehan dan penyerangan.

Korban bully seringkali menunjukkan adanya gejala masalah psikologis, bahkan setelah perundungan berlangsung. Kondisi yang paling sering muncul adalah depresi dan gangguan kecemasan. Selain itu, efek bullying juga bisa menyebabkan gejala psikosomatis, yaitu masalah psikologis yang memicu gangguan pada kesehatan fisik. Dampak bullying juga tidak selalu bisa diprediksi kemunculannya. Anak yang menjadi korban bully, bisa saja tidak menunjukkan tanda-tanda terganggu dengan perlakukan tersebut. Namun di kemudian hari, anak-anak tersebut berisiko lebih tinggi mengalami gangguan mental depresif dan menerima perawatan psikiatri.

Cara mengatasi bullying kita harus ramah. Walaupun mungkin mereka memang akan bersikap tidak ramah sama kamu, kamu jangan sampai terpancing untuk tidak berbuat ramah juga. Kamu harus mampu menahan diri kamu. Coba deh untuk bersikap ramah pada siapa saja termasuk pada mereka yang suka membully ini. Siapa tau dengan kamu bersikap ramah, mereka akan berubah. Jangan melawan Ketika mereka yang selalu melakukan bullying sudah melirik kamu sebagai korban bullying, jangan langsung terpancing untuk melawan. Cobalah bersikap tenang dan sabar untukmenghadapi persoalan tersebut.

×
Berita Terbaru Update