Notification

×

Iklan

Iklan

Guru PAUD PWA ‘Aisyiah Jawa Tengah dapatkan Pelatihan Sosial Emosional dari Dosen FKIP Uhamka

Kamis, 29 Juli 2021 | Kamis, Juli 29, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-29T06:00:54Z


Serambiupdate.com
Dosen FKIP Uhamka Eka Heriyani dan Chandra Dewi bersama Pengurus Pusat Aisyiyah atas kerjasama LPPM Uhamka selenggarakan Pendampingan Peningkatan Pemahaman Guru PAUD Aisyiyah Memahami Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini secara daring melalui zoom meeting dengan sasaran wilayah Jawa Tengah.

 

Pendampingan guru PAUD Aisyiyah Jawa Tengah ini bertujuan agar guru semakin memiliki potensi dan berkembang sebagai kader organisasi untuk tingkat wilayah dan nasional.

  

Masa anak pra sekolah di kenal juga dengan masa toddler dimana aspek emosi mulai meningkat karena seiring dengan perkembangan kognitif terhadap pengaruh dari lingkungan sosial di sekitar anak. Pada masa ini anak mulai menunjukan sikap afektifnya, egosentris dari keakuannya ketika melihat dan mengetahui yang tidak di suka.

 

Dari perkembangan yang normal dan sesuai asuhan yang tepat kewajaran emosional pada anak usia dini masih bisa ditolerir dan diterima akal pikiran. Namun, karena pengaruh lingkungan sosial terutama dari lingkungan keluarga yang terkadang memberikan sikap pemanjaan maka cara berpikir anak menjadi tidak berkembang pada tingkah lakunya yang selalu diladeni dan dilayani. Kondisi ini akan menjadi beban bagi para guru PAUD dalam proses mendidik dan pembelajaran anak di sekolah apabila kecerdasan sosial dan emosional guru tidak maksimal

 

Dalam kegiatan ini turut dihadiri Prof Dr Masyitoh MSi selaku ketua PP ‘Aisyiyah, Dra Fitniwilis MPd selaku Ketua Majelis Dikdasmen PP ‘Aisyiyah, Noor’aini Yasin SPd selaku Ketua PWA Aisyiyah Jawa Tengah serta guru PAUD ‘Aisyiyah Jawa Tengah.

 


Dalam kegiatan inipula Eka Heriyani MPd Kons ditemani Chandra Dewi S MPd Kons sebagai anggota pelaksana kegiatan sekaligus Dosen FKIP Uhamka sehingga kegiatan ini terasa mudah dan meriah serta bermanfaat bagi peserta.

 Eka Heriyani MPd Kons sebagai narasumber, Dosen BK FKIP Uhamka, serta ketua pelaksana dalam kegiatan ini menuturkan bahwa, "kegiatan ini merupakan implementasi dari pengabdian masyarakat yang bekerja sama dengan PWA 'Aisiyah Jawa Tengah dengan peserta kegiatan adalah para guru-guru PAUD ‘Aisyiyah Jawa Tengah. Adapun tema yang diusung berkaitan dengan peningkatan sosial emosional untuk guru-guru PAUD di wilayah Jawa Tengah. Dalam hal ini peran guru PAUD dalam pengembangan sosial emosional ditempuh dengan cara menanamkan sejak dini pentingnya pembinaan perilaku serta melalui pembiasaan yang baik,” tuturnya.


Ketua PWA Jawa Tengah turut menyambut gembira pelaksanaan kegiatan pelatihan ini karena memang sangat dibutuhkan oleh para guru PAUD di wilayah Jawa Tengah. Ia mengharapkan kegiatan ini dapat berlangsung lancar dan ditindak lanjuti kembali di lain kesempatan dalam pengaplikasiannya.

 

Dilain pihak, Ibu Masyitoh menyampaikan ideologi Muhammadiyah kepada peserta sebagai bekal pengetahuan yang harus dipahami oleh peserta serta Eka Heriyani menambahkan penyampaian tentang bagaimana peran serta orang tua dalam pembelajaran anak dan interaksi yang menyenangkan yang Kegiatan ditutup dengan pengisian evaluasi, dan tugas pada Lembar Kerja yang sudah disiapkan panitia melalui link google form.

×
Berita Terbaru Update