Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen Pendidikan Biologi FKIP bekerjasama dengan LPPM Uhamka berikan Pelatihan Pengetahuan Kehidupan Satwa Primata Bagi Anak Muda Gekbrong

Minggu, 25 Juli 2021 | Minggu, Juli 25, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-25T04:38:15Z


Serambiupdate.com
Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA atau Uhamka bekerjasama dengan Organisasi Kepemudaan Satapak Rimba melaksanakan kegiatan Pelatihan yang bertujuan untuk melatih anggota Satapak Rimba dalam meningkatkan cara penggunaan alat dan Pengetahuan Kehidupan Satwa Primata di desa Gekbrong Kabupaten Cianjur (16/6).

 

Kegiatan ini sebagai bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh setia dosen dilingkunagan Uhamka pada khususnya. Pada kesempatan ini Agus Pambudi Dharma selaku dosen Pendidikan Biologi FKIP Uhamka yang melasanakan kegiatan PKM ini menyatakan Desa Gekbrong memiliki keindahan alam dan beragam jenis satwa primata seperti owa jawa (Hylobates moloch), surili (Presbytis mauritius), lutung jawa (Trachypithecus auratus), dan monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) yang dapat dikembangkan menjadi objek Wisata minat khusus (Pengamatan Primata) bagi wisatawan dalam dan luar negeri.

 

Agus Pambudi Dharma menuturkan,”pentingnya memberikan pengetahuan bagi masyarakat Desa Gekbrong, khususnya anak muda dalam mengenal cara memakai alat pengamatan primata dan menjaga kelestarian primata di habitat alaminya. Anak muda sebagai ujung tombak pelestarian primata sehingga dapat menghasilkan manfaat berupa tambahan penghasilan dari pemandu ekowisata minta khusus,” ujarnya kepada wartawan.

 

Dilain pihak, Acmal selaku anggota Setapak Rimba menuturkan “pelatihan ini menambah informasi dan pengetahuan bagi kami anggota Satapak Rimba dalam mengenal cara pengeamatan dan kehidupan satwa primata baik cara bergerak, jenis pakan, dan tingkah laku di tiap jenis satwa primata,” tuturnya.

×
Berita Terbaru Update