Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen FKIP Uhamka Selenggarakan Pelatihan Memanfaatkan Sisa Organik menjadi Produk Bergizi

Selasa, 27 Juli 2021 | Selasa, Juli 27, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-27T11:31:40Z


Serambiupdate.com
Dosen Pendidikan Biologi Suci Lestari, Yuni Astuti, dan Rizkia Suciati bersama LPPM Uhamka selenggarakan pengabdian masyarakat dalam bentuk Pelatihan Memanfaatkan Sisa Organic menjadi Produk Bergizi di SMK Muhammadiyah Cariu (27/07)

 

Ketua tim Suci Lestari MPd menjelaskan “Pada masa pandemi, kita harus pintar memanfaatkan peluang, kita manfaatkan sisa organik menjadi bahan yang bergizi dan bernilai jual, lumayan kan untuk tambahan dapur," tuturnya.

 

Pemanfaatan sisa organik menjadi produk yang bernilai membutuhkan alat yang bernama dehydrator, adalah alat yang berfungsi untuk mengeringkan makanan seperti: buah, sayur, daging, dan bumbu. 

 

Penggunaan dehidrator untuk pengeringan makanan sangat baik, karena dapat menjaga kualitas nutrisi makanan tetap baik meskipun dalam bentuk kering. Hal ini dikarenakan suhu dan waktu pengeringan dengan dehidrator dapat kita kontrol sesuai bahan yang akan dikeringkan.

 

Setiap bahan memiliki suhu dan waktu pengeringan yang berbeda, tergantung dari jenis dan ketebalan pengirisan bahan. Selain dehydrator juga ada alat yang dibutuhkan yaitu vacuum sealer berguna sebagai tempat menyimpan makanan yang sudah

 

Pelatihan yang mempraktikkan membuat kulit apel menjadi keripik yang gurih.

 

Edi, salah satu peserta mengungkapkan keheranannya dalam proses dan hasil dari pelatihan tersebut.

Kok bisa ya kulit apel jadi makanan yang enak gini, baru tahu saya” ungkapnya disela-sela praktik pembuatan kulit apel menjadi keripik.

 

Para peserta juga terlihat sangat antusias dengan pelatihan tersebut.

 

Kegiatan pelatihan diakhiri dengan pemberian hibah beberapa alat yang digunakan untuk keperluan belajar yang diserahkan dari tim dosen pengabdian LPPM Uhamka kemudian diterima oleh Mukmin selaku Kepala SMK.

 

 

×
Berita Terbaru Update