Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen FK Uhamka berbagi Informasi Asam Urat pada Lansia di Pondok Aren

Kamis, 29 Juli 2021 | Kamis, Juli 29, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-29T04:17:21Z

  

Serambiupdate.com Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Uhamka bersama LPPM mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berbentuk webinar Pentingnya Menjaga Kadar Asam Urat pada Lansia. Kegiatan yang diketuai oleh Shinta Dewi Permata Sari, M. Blomed, Sri Suciati Ningsih, dan  Gea Pandhita serta dibantu dua mahasiswa FK, yaitu Siti Lawuny Hayati dan Eka Aisyati Rodiyah.

 

Kegiatan yang dihadiri para lansia pengurus cabang Aisyiyah dan Muhammadiyah Pondok Aren serta umum.

 

Gea Pandhita selaku nara sumber memaparkan pentingnya pemahaman dan pengetahuan mengenai diet rendah purin serta menjaga aktivitas fisik.

 “Perlu diketahui terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang banyak mengandung purin, diantaranya ikan asin, bebej, daging kambing, jeroan, seafood, emping, kopi, minuman bersoda dan beralkohol,” tuturnya Gea


Arthritis gout merupakan penyakit nyeri sendi akibat adanya endapan kristal asam urat pada sendi. Asam urat berasal dari sisa pencernaan zat purin yang terkandung dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi. Penyakit ini umumnya sering terjadi pada lansia. Pada kondisi normal, asam urat akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urin.

 

Seiring dengan bertambahnya usia, fungsi ginjal pun akan menurun. Hal tersebut dapat menjadi penyebab penurunan pengeluaran asam urat melalui urin, sehingga sehingga terjadi akumulasi asam urat di darah. Selain itu konsumsi makanan dan minuman yang mengandung tinggi purin juga dapat menyebabkan terjadinya peningkatan asam urat dalam darah.

 

Asam urat yang berlebih akan terkumpul pada persendian membentuk kristal sehingga menyebabkan nyeri. Area sendi yang paling sering mengalami hal tersebut diantaranya: sendi siku, lutut, pergelangan tangan, jari-jari tangan, dan pergelangan kaki.

 

Peserta sangat antusian memberikan tanggapan berupa pertanyaan. Satu pertanyaan menarik disampaikan oleh Ibu Nurul yang mempertanyakan hubungan antara artritis dengan nyeri dan pegal di bahu saat bangun tidur.

 

Kegiatan diakhiri dengan pemberian tips dan saran mencegah artiritis gout pada lansia yang disampaikan oleh Gea, yaitu dengan mengkonsumsi makanan dan minuman rendah purin, perbanyak minum air putih, lakukan aktivitas fisik teratur, serta istirahat yang cukup.

×
Berita Terbaru Update