Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen FT bersama LPPM Uhamka dan PPA Majelis Dikdasmen berikan Pendampingan Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Bermuatan STEAM Pada Anak Usia Dini

Selasa, 27 Juli 2021 | Selasa, Juli 27, 2021 WIB | Last Updated 2021-07-27T05:35:37Z


Serambiupdate.com
Dosen Fakultas Teknik Informatika Uhamka bersama PPA Majelis Dikdasmen Sumatera Selatan bekerjasama dengan LPPM Uhamka selenggarakan pendampingan pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran bermuatan STEAM pada Anak Usia Dini secara tatap maya Sabtu (03/07).

 

Pendampingan yang dihadiri lebih dari 90 guru dan Tim Pengabdian Masyarakat terdiri dari Atiqah Meutia Hilda SKom MKom selaku ketua dan Delvis Agusman ST MSc sebagai anggotayang dilakukan  daring (tatap muka vitual) dan dihadiri oleh lebih dari 90 Guru PAUD Aisyiyah dari Propinsi Sumatera Selatan. 

 

Menurut Atiqah Meutia Hilda selaku ketua menuturkan bahwa “penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini memerlukan kompetensi dan keahlian tersendiri. Pembelajaran di tingkat Anak Usia Dini orientasinya bukan untuk menguasai materi pembelajaran tetapi ditekankan pada aspek perkembangan yang pelaksanaannya sambil bermain. Guru PAUD dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan pembelajaran yang dapat mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak dengan menggunakan berbagai metode dan alat permainan” ujarnya.

 

Masa Pandemi Covid-19 juga mengubah segala bentuk kegiatan dan dipaksa untuk bisa beradaptasi dengan berbagai situasi dan kondisi. Aktivitas belajar-mengajar biasanya dilakukan secara tatap muka maka kini harus berbasis teknologi.  Melihat keadaan ini Guru PAUD harus mampu beradaptasi dengan pembelajaran berbasis teknologi sehingga bisa menyesuaikan mengajar di masa pandemi atau pasca pandemi.

 

Melihat keadaan ini, tim PKM memberikan pelatihan model media pembelajaran bermuatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dengan  memanfaatkan augmented reality (AR) sebagai solusinya. Teknologi ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan pendidik dalam menguasai media interaktif guna menumbuhkan motivasi belajar peserta didik PAUD.

 

Dalam kegiatan ini pula, Atiqah Meutia Hilda selaku dosen Fakultas Teknik Uhamka memberikan penjelasan tentang  model belajar sambil bermain dalam mengenal bentuk, warna yang dihasilkan dari  teknologi Augmented dipadu dengan bagaimana mengungkapkan rasanya. Selain itu juga diberikan kesempatan bagi para peserta untuk mencoba hasil teknologi AR tersebut.

 

Hasil pengabdian masyarakat tim Dosen FT Uhamka ini berdampak positif sehingga peserta tampak antusias  menyimak dan memberikan pertanyaan kepada pembicara, selain itu juga peserta antusias menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan pembicara dan mencoba materi yang disampaikan.

×
Berita Terbaru Update